Dihadapan Menristekdikti, Rektor Pamerkan Pencapaian UNG

Oleh: Abdul Wahid Rauf . 11 November 2016 . 14:54:40

 

GORONTALO - Dalam beberapa tahun terakhir, Universitas Negeri Gorontalo terus menunjukkan perkembangan yang memuaskan sebagai salah satu Perguruan Tinggi Negeri di Kawasan Timur Indonesia melalui periode akselarasi diberbagai bidang. Berbagai pencapaian serta perkembangan UNG bahkan disampaikan Rektor UNG Prof. Dr. Syamsu Qamar Badu, M.Pd, kepada Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Prof. Mohamad Nasir, Ph.D, Ak, saat berkunjung ke UNG, Kamis (10/11).

Dalam pemaparannya Rektor UNG Prof. Syamsu Qamar Badu, M.Pd, mengatakan, UNG beberapa tahun terakhir terus melakukan akselarasi pengingkaran kualitas. Salah satu diawal perbaikan yakni melengkapi fasilitas dan infrastruktur penunjang kegiatan akademik. Kemudian Menata kembali sistem pembelajaran dan gencar melakukan pembinaan kepada mahasiswa sebagi bentuk pembobotan kualitas.

"Sistem administrasi pun tidak luput dari fokus perbaikan, dengan mulai menerapkan sistem berbasis online. Hasilnya UNG memperoleh penghargaan The Winner pada Penghargaan Tesca, sebagai PT yang konsisten menerapkan sistem IT di kawasan Timur Indonesia," paparnya.

Dalam beberapa bukan terkahir kata Rektor, program akselarasi dibidang akreditasi mulai menunjukkan hasil yang memuaskan. Tercatat UNG pada akreditasi Institusi pertama kalinya mampu menorehkan akreditasi B "gemuk" dengan nilai 341, dan terpaut tipis 14 nilai untuk memperoleh A. Akreditasi Prodi tidak kalah memuaskan, dalam 6 bulan terkahir 6 Prodi di UNG telah memperoleh akreditasi A, dan akreditasi Prodi lainnya juga telah meningkat ke akreditasi B.

"Di UNG tidak boleh ada lagi Prodi akreditasi C dan itu kami haramkan. Bahkan Perpustakaan UNG juga telah terakreditasi dengan nilai A," jelasnya.

 

Dihadapan Menristekdikti, Rektor juga memaparkan pencapaian prestasi mahasiswa UNG dalam beberapa bulan terkahit, dimana anak Didik UNG mulai menunjukkan kualitasnya pada event Nasional maupun internasional. Pada ajang Pekan Seni Mahasiswa Nasional tahun 2016 kemarin, UNG berhasil masuk 9 besar terbaik se Indonesia. Mahasiswa UNG juga mampu menyumbangkan 2 medali emas dan 1 perunggu untuk Prov. Gorontalo pada Pekan Olahraga Nasional 2016.

Tidak hanya sampai disitu, Mahasiswa Fakultas Teknik UNG mampu menjadi tim terbaik ke 3 pada kompetisi Hackathon TNI AD yang diikuti 250 Tim terdiri dari Perguruan Tinggi maupun Developer IT.

"Ditingkat internasional, 3 Mahasiswa Fakultas Olahraga dan Ilmu Kesehatan, yang memperkuat Tim sepak takraw Nasional pada kejuaraan Kings Cup Asian Sepak Takraw ke 31 tahun 2016 di Thailand. Berhasil memboyong 2 medali yakni Perak dan Perunggu, serta mampu menyingkirkan beberapa tim unggulan terbaik," tandasnya. (wahid)

Agenda

2 Mei 2020

Webinar Hardiknas 2020

Seminar Online dalam rangka Hari Pendidikan Nasional dengan Narasumber, Dr. Eduart Wolok, ST, MT, Karmila Machmud, MA, Ph.D, Drs. Amin Nusi, M.Pd. Disiarkan langsung dari Fanspage Facebook Universitas Negeri Gorontalo

2 Desember 2019

Job Fair Media Group

Dalam Job Fair kali ini, perusahaan Media Grup akan membuka rekrutmen tenaga kerja untuk seluruh kelompok usaha yang bernaung dibawahnya, mulai dari perusahaan media cetak, percetakan, penyiaran, Daring, Properti, Event Organizer, Sumber Daya Alam dan beberapa kelompok usaha lainnya.

2 Desember 2019

Kuliah Umum 4 Pilar Kebangsaan dan Kepemimpinan 2030

Kuliah Umum oleh Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat (Rerie) yang akan membahas empat pilar kebangsaan dan kepemimpinan 2030 di Gedung Auditorium Universitas Negeri Gorontalo

26 September - 01 Oktober 2018

Hibah eLearning IDB7in1

PIU IDB7in1 UNG memberikan kesempatan untuk dosen yang berminat untuk menyusun modul eLearning langsung pada situs elearning IDB7in1. Untuk user bisa menghubungi email : elearningidb7in1@ung.ac.id
Info lengkap di http://elearning-idb7in1.ung.ac.id/mod/forum/discuss.php?d=61