Di usia 53 Tahun, UNG Komitmen Genjot Kualitas

Oleh: Abdul Wahid Rauf . 2 September 2016 . 20:09:49

 

GORONTALO - Tepat 1 September 2016, Universitas Negeri Gorontalo resmi menapaki usianya yang ke -53. Diusianya yang semakin matang kampus merah terus menunjukkan perkembangan yang semakin membanggakan. Perkembangan bisa dilihat dari sarana dan prasarana yang terus dibenahi, untuk melengkapi kualitas pendidikan.

"Dibidang fasilitas tentunya UNG sudah lebih baik dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Beberapa fasilitas telah kita benahi untuk mendukung aktifitas akademik mahasiswa. Karena disadari kurangnya fasilitas sangat menghambat perkembangan UNG," ungkap Rektor Prof. Dr. Syamsu Qamar Badu, M.Pd, pada Sidang Senat Terbuka Dies Natalis UNG ke-53, yang dirangkaikan dengan Prosesi Wisuda sesi II Periode Agustus-September, Kamis (1/9) di Gedung Auditorium Universitas Negeri Gorontalo.

Kualitas dari segi tenaga kependidikan kata Rektor, juga mengalami perkembangan yang signifikan. Jika masih berstatus sebagai Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan di tahun 1993, tenaga pendidik UNG berpendidikan S3 dan S2 masing-masing hanya 2 orang, selebihnya masih berpendidikan S1. Sedangkan sekarang, Tenaga Pendidik UNG bergelar Doktor mencapai 500 lebih, tanpa ada lagi yang S1.

"Setiap Tahunnya melalui program akselarasi Guru besar, UNG terus Ketambahan Tenaga Pendidik bergelar Profesor. Bahkan Senin kemarin UNG telah mengukuhkan 4 guru besar dari sejumlah disiplin ilmu, terang Rektor.

Lebih lanjut dijelaskan Rektor, salah satu indikator penting tentang kualitas UNG saat ini dapat dilihat dari akreditasi institusi yang berhasil di peroleh pada tahun 2015. Dimana pada akreditasi pertama kalinya berhasil menorehkan akreditasi B "Gemuk" dengan nilai 331.

 

 

 

Kualitas akreditasi Prodi juga tidak luput dari perhatian, bahkan untuk mewujudkan target Reakreditasi A institusi ditahun 2017 nanti, akreditasi Prodi terus digenjot dengan menargetkan seluruh Prodi mampu meraih akreditasi terbaik dengan minimal B.

"Alhamdulillah melalui program percepatan akreditasi mulai menunjukkan hasil, 6 Prodi bahkan telah berhasil mengantongi akreditasi A dan Prodi lainnya sukses terakreditasi B. Saya berharap tahun ini tidak boleh ada Prodi UNG yang terakreditasi C," tegasnya.

Untuk perkembangan kampus kedepan, UNG bakal melebarkan sayap dengan membangun kampus baru di Kab. Bone Bolango. Pada kampus baru nanti akan ditempati oleh 4 Fakultas, yang pembangunannya akan segera dimulai pada akhir tahun ini.

Selain itu untuk menggenjot prestasi mahasiswa, Rektor pada upaca dies natalis ke-53 di taman Rektorat UNG, telah melaunching tahun 2017 sebagai tahun prestasi mahasiswa. Dimana melalui program tersebut, perstasi mahasiswa dapat lebih ditingkatkan lagi, dengan salah satu indikatornya adalah keikutsertaan pada Pekan Ilmiah Mahasiwa Nasional. (wahid)

Agenda

2 Mei 2020

Webinar Hardiknas 2020

Seminar Online dalam rangka Hari Pendidikan Nasional dengan Narasumber, Dr. Eduart Wolok, ST, MT, Karmila Machmud, MA, Ph.D, Drs. Amin Nusi, M.Pd. Disiarkan langsung dari Fanspage Facebook Universitas Negeri Gorontalo

2 Desember 2019

Job Fair Media Group

Dalam Job Fair kali ini, perusahaan Media Grup akan membuka rekrutmen tenaga kerja untuk seluruh kelompok usaha yang bernaung dibawahnya, mulai dari perusahaan media cetak, percetakan, penyiaran, Daring, Properti, Event Organizer, Sumber Daya Alam dan beberapa kelompok usaha lainnya.

2 Desember 2019

Kuliah Umum 4 Pilar Kebangsaan dan Kepemimpinan 2030

Kuliah Umum oleh Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat (Rerie) yang akan membahas empat pilar kebangsaan dan kepemimpinan 2030 di Gedung Auditorium Universitas Negeri Gorontalo

26 September - 01 Oktober 2018

Hibah eLearning IDB7in1

PIU IDB7in1 UNG memberikan kesempatan untuk dosen yang berminat untuk menyusun modul eLearning langsung pada situs elearning IDB7in1. Untuk user bisa menghubungi email : elearningidb7in1@ung.ac.id
Info lengkap di http://elearning-idb7in1.ung.ac.id/mod/forum/discuss.php?d=61