Dewi Darmayanti Tolodo, Gagal Raih Cumlaude Tapi Memiliki Segudang Prestasi

Oleh: Abdul Wahid Rauf A.Md. . 26 Februari 2020 . 17:22

 

GORONTALO – Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) melaksanakan yudisium untuk mahasiswa periode Februari tahun 2020. Diantara para peserta yudisium, terdapat satu nama yang menarik perhatian para civitas akademika yang hadir. Dialah Dewi Darmayanti Tolodo mahasiswa Program Studi S1 Teknik Geologi FMIPA yang meraih Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) 3.55 dengan masa studi 9 semester.

Pencapaian IPK Dewi memang bukanlah nilai tertinggi pada yudisium kali ini, bahkan Ia hanya menjadi terbaik 3 pada Yudisium FMIPA. Tapi jangan salah, meskipun tidak lulus dengan predikat cumlaude mahasiswa asal Kabupaten Banggai Kepulauan itu tercatat memiliki banyak pencapaian membanggakan.

Dewi saat ini tercatat telah mengantongi 2 Hak atas Kekayaan Intelektual (HKI) dari Kementerian Hukum dan HAM. HKI yang pertama Jurnal dengan judul Subsurface Structure Identification In Ilotidea Using Electrical Method for Developed the Food Tourist Science Village, HKI kedua Buku Geologi Ilotidea dan Kampus Sains Wisata Banjir yang disusun bersama 2 anggota kelompok.

Tidak hanya itu, selama kuliah dua penelitiannya pernah lolos dan didanai Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi dalam skema Program Kreativitas Mahasiswa skala Nasional. Mahasiswa yang juga sebagai Penerima Beasiswa Bidikmisi telah menulis 1 Buku Referensi kelompok dan 3 Jurnal Nasional. Ia bahkan pernah 2 kali menjadi pemakalah pada International Conference.

Selama kuliah Dewi dikenal sebagai young researcher, penulis, penyanyi, penari, gitaris, menguasai beberapa cabang olahraga, asisten Lab Teknik Geologi dan aktif berorganisasi. Meskipun tidak berhasil lulus dengan predikat cumlaude, Dewi mengaku tidak merasa kecewa. Menurutnya pencapaian yang ia torehkan selama kuliah sudah cukup membuatnya merasa senang dan bangga.

“Tidak mudah untuk cumlaude apalagi untuk Prodi Teknik Geologi. Meskipun begitu saya sudah sangat bersyukur atas pencapaian saat ini. Terlebih banyak pengalaman berharga yang diperoleh selama kuliah,” terang Dewi. (wahid)

Agenda

2 Desember 2019

Kuliah Umum 4 Pilar Kebangsaan dan Kepemimpinan 2030

Kuliah Umum oleh Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat (Rerie) yang akan membahas empat pilar kebangsaan dan kepemimpinan 2030 di Gedung Auditorium Universitas Negeri Gorontalo

2 Desember 2019

Job Fair Media Group

Dalam Job Fair kali ini, perusahaan Media Grup akan membuka rekrutmen tenaga kerja untuk seluruh kelompok usaha yang bernaung dibawahnya, mulai dari perusahaan media cetak, percetakan, penyiaran, Daring, Properti, Event Organizer, Sumber Daya Alam dan beberapa kelompok usaha lainnya.

26 September - 01 Oktober 2018

Hibah eLearning IDB7in1

PIU IDB7in1 UNG memberikan kesempatan untuk dosen yang berminat untuk menyusun modul eLearning langsung pada situs elearning IDB7in1. Untuk user bisa menghubungi email : elearningidb7in1@ung.ac.id
Info lengkap di http://elearning-idb7in1.ung.ac.id/mod/forum/discuss.php?d=61

30 Januari 2018

Kuliah Umum oleh Ketua Badan Pemeriksa Keuangan RI

Kuliah Umum oleh Ketua Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI