Dewi Darmayanti Tolodo, Gagal Raih Cumlaude Tapi Memiliki Segudang Prestasi

Oleh: Abdul Wahid Rauf . 26 Februari 2020 . 17:22:00

 

GORONTALO – Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) melaksanakan yudisium untuk mahasiswa periode Februari tahun 2020. Diantara para peserta yudisium, terdapat satu nama yang menarik perhatian para civitas akademika yang hadir. Dialah Dewi Darmayanti Tolodo mahasiswa Program Studi S1 Teknik Geologi FMIPA yang meraih Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) 3.55 dengan masa studi 9 semester.

Pencapaian IPK Dewi memang bukanlah nilai tertinggi pada yudisium kali ini, bahkan Ia hanya menjadi terbaik 3 pada Yudisium FMIPA. Tapi jangan salah, meskipun tidak lulus dengan predikat cumlaude mahasiswa asal Kabupaten Banggai Kepulauan itu tercatat memiliki banyak pencapaian membanggakan.

Dewi saat ini tercatat telah mengantongi 2 Hak atas Kekayaan Intelektual (HKI) dari Kementerian Hukum dan HAM. HKI yang pertama Jurnal dengan judul Subsurface Structure Identification In Ilotidea Using Electrical Method for Developed the Food Tourist Science Village, HKI kedua Buku Geologi Ilotidea dan Kampus Sains Wisata Banjir yang disusun bersama 2 anggota kelompok.

Tidak hanya itu, selama kuliah dua penelitiannya pernah lolos dan didanai Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi dalam skema Program Kreativitas Mahasiswa skala Nasional. Mahasiswa yang juga sebagai Penerima Beasiswa Bidikmisi telah menulis 1 Buku Referensi kelompok dan 3 Jurnal Nasional. Ia bahkan pernah 2 kali menjadi pemakalah pada International Conference.

Selama kuliah Dewi dikenal sebagai young researcher, penulis, penyanyi, penari, gitaris, menguasai beberapa cabang olahraga, asisten Lab Teknik Geologi dan aktif berorganisasi. Meskipun tidak berhasil lulus dengan predikat cumlaude, Dewi mengaku tidak merasa kecewa. Menurutnya pencapaian yang ia torehkan selama kuliah sudah cukup membuatnya merasa senang dan bangga.

“Tidak mudah untuk cumlaude apalagi untuk Prodi Teknik Geologi. Meskipun begitu saya sudah sangat bersyukur atas pencapaian saat ini. Terlebih banyak pengalaman berharga yang diperoleh selama kuliah,” terang Dewi. (wahid)

Agenda

23 Januari 2024

Lokakarya Penyusunan Rencana Kerja Program dan Anggaran UNG Tahun 2024

.

16 Januari 2024

Seminar Pembukaan Seleksi Beasiswa LPDP

Seleksi Beasiswa LPDP Tahap I Tahun 2024, pukul 10.00 WITA di lantai 4 rektorat UNG

11 Januari 2024

Sosialisasi dan Promosi Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru

Sosialisasi dan Promosi SNPMB 2024 Perguruan Tinggi Negeri tahun 2024 UNG

9 Januari 2024

Penandatanganan MoU antara UNG dengan Komisi Pemilihan Umum dan Badan Pengawas Pemilu

MOU MBKM PEMILU untuk Pendidikan Politik dan Pengawasan Partisipatif

Established
In

1993

as STKIP N. Gorontalo

Student
body

22350

from 27 province

Number of
Lecturers

894

from 85 majors

University
rank

13

at BLU Category

Keseluruhan

0

Hari Ini

0

Kemarin

0