Dekan FIP UNG Menjadi Pemakalah Wajib di Forum FIP-JIP se-Indonesia

Oleh: Fachrizal Nursyamsu S.IP . 4 November 2013 . 16:43

UNG – Pertemuan Ilmiah yang dirangkaikan dengan Seminar Internasional Forum Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) - Jurusan Ilmu Pendidikan (JIP) se-Indonesia tahun 2013 di Medan Sumatera Utara Berlangsung Sukses. Agenda rutin setiap dua tahun ini pun berhasil melahirkan 12 rekomendasi diantaranya menghasilkan rumusan pendidikan berbasis ilmu pendidikan, melahirkan lulusan terdidikan dalam implementasi kurikulum 2013, yang kesemuanya ini akan bermuara pada peningkatan kualitas pendidikan anak bangsa. Dan diantara rekomendasi penting bagi Universitas Negeri Gorontalo (UNG), pada tahun 2015 nanti, kegiatan ini akan dilaksanakan di UNG.

Forum FIP-JIP 2013 dibuka oleh Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penjaminan Mutu Pendidikan (BPSDM-PMP) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Prof. Dr. Syawal Gultom yang juga pernah menjabat Dekan FIP Universitas Negeri Medan (Unimed) pada Selasa (29/10) sore waktu setempat, dengan mengangkat tema “Penguatan Ilmu Pendidikan untuk menghasilkan lulusan terdidik dalam implementasi Kurikulum 2013”, dan diikuti sebanyak 12 Lembaga Pendidik Tenaga Kependidikan (LPTK) se-Indonesia, yaitu Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Universitas Negeri Malang (UNM), Universitas Negeri Padang (UNP), Universitas Negeri Manado (UNIMA), Universitas Negeri Surabaya (UNESA), Universitas Negeri Semarang (UNNES), Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (UNTIRTA), Universitas Pendidikan Ganesa, Universitas Negeri Makasar, Universitas Negeri Medan (UNIMED), dan Universitas Negeri Gorontalo (UNG).

Dekan FIP UNG, Prof. Dr. Abdul Haris Panai yang juga sebagai salah satu Pemakalah Wajib pada kegiatan ini hadir bersama dengan Pembantu Rektor I UNG, Prof. Dr. Sarson Pomalato dan pimpinan FIP serta pimpinan Jurusan di lingkungan FIP. “Kegiatan Forum FIP-JIP 2013 di Medan pada beberapa hari yang lalu sangat berkesan dan luar biasa. Panitia pelaksana sangat memperhatikan pelayanan para tamu dan undangan mulai dari kedatangan di Bandara Kuala Namu, pada saat kegiatan berlangsung di Hotel Garuda Plaza selama 3 (tiga) hari, hingga saat kepulangan hingga di Bandara Kuala Namu sangat prima dan berkesan,” ungkap Dekan FIP UNG.

Dalam makalah wajib yang dipresentasikan Prof. Dr. Abdul Haris Panai, dengan judul “Memuliakan Guru Mencerdaskan Anak Bangsa”, mendapatkan respon dan antusias dari para peserta Forum FIP-JIP, karena bertepatan dengan momentum sertifikasi guru sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas profesional para pendidik anak bangsa, yang disampaikan sekitar 60 menit. Terkait tahun 2015 nanti, UNG akan menjadi tuan rumah pelaksanaan Forum FIP-JIP, Prof. Dr. Abdul Haris Panai menyampaikan kepada semua pihak baik UNG, Pemerintah Daerah Kota dan Kabupaten serta Pemerintah Provinsi Gorontalo serta semua pihak bisa mendukung guna mensukseskan kegiatan nasional tersebut. “Saya sangat mengharapkan dukungan semua pihak baik yang ada di UNG, Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota di Gorontalo maupun Pemerintah Provinsi Gorontalo serta masyarakat untuk bisa mendukung kegiatan tersebut sehingga dapat berlangsung dengan sukses dan berjalan dengan baik,” harap Dekan FIP UNG. (Hms FIP)

 

FOTO BERSAMA. Dekan FIP UNG, Prof. Dr. Abdul Haris Panai berfoto bersama dengan Dekan FIP UNIMED, Pemakalah dan Panitia Kegiatan Forum FIP-JIP 2013 Medan, usai mempresentasikan Makalahnya yang berjudul “Memuliakan Guru Mencerdaskan Anak Bangsa”, Rabu (30/10) di Hotel Garuda Plaza Medan.

 

Agenda

12 Oktober 2017

Pelatihan Website Fakultas

Pelatihan Website Fakultas

4 Mei 2017

Wisuda 04 Mei 2017

Wisuda UNG

11 April - 05 Mei 2017

Pendaftaran SBMPTN 2017

SBMPTN 2017

11 November 2016

Seminar Internasional

Seminar Internasional dengan tema “Hilirisasi Pertanian Berbasis Lokal Untuk Kemandirian Pangan"