Dekan FIP Monev Kegiatan PPL dan KKS Mahasiswa

Oleh: Fachrizal Nursyamsu S.IP . 10 Oktober 2013 . 16:25

UNG – Kegiatan mahasiswa dalam melaksanakan salah satu Tridarma Perguruan Tinggi yakni Pengabdian pada Masyarakat perlu ditingkatkan. Karena dapat memberikan manfaat positif terhadap peningkatan pemberdayaan masyarakat dan pendidikan di suatu desa. Kamis (10/10) pagi, Dekan Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Negeri Gorontalo (UNG), Prof. Dr. Abd. Haris Panai bersama rombongan yang terdiri dari Pembantu Dekan I FIP, Ketua dan Sekretaris Jurusan di lingkungan FIP, Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) dan staf melaksanakan monitoring kegiatan yang dilaksanakan oleh mahasiswa peserta Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) dan Kuliah Kerja Sibermas (KKS) UNG. Sebanyak 7 lokasi yang merupakan tempat mahasiswa melaksanakan PPL dan KKS kesemuanya berada di wilayah Kabupaten Gorontalo. Dimulai dari SDN 3 Limboto Barat, PAUD Aba Pone, SDN 2 Limboto Barat, SDN 13 Limboto Barat, SDN 14 Limboto Barat, SMPN 3 Limboto Barat dan terakhir di Posko KKS di Desa Huntulohulawa Kecamatan Bongomeme.

Pada setiap lokasi yang dikunjungi Dekan beserta rombongan mendapatkan sambutan hangat dari pihak sekolah maupun mahasiswa peserta PPL dan KKS. Ada beberapa hal yang mendapatkan perhatian dari Dekan FIP terhadap pelaksanaan kegiatan mahasiswa tersebut, diantaranya disiplin kehadiran, aktivitas kegiatan yang dilaksanakan setiap hari, program kerja selama kegiatan tersebut berlangsung, pembimbingan yang dilakukan oleh DPL. Dekan FIP, Prof. Dr. Abdul Haris Panai mengatakan kegiatan monev yang dilaksanakan hari ini (kemarin,red) merupakan upaya untuk bisa memantau langsung para mahasiswa peserta PPL dan KKS di lokasi kegiatan baik di Sekolah, Kantor Pemerintah dan masyarakat sehingga diketahui berbagai kekurangan atau hambatan untuk dapat dilakukan evaluasi guna penyempurnaan program-program selanjutnya. “Tentunya melalui kegiatan pengabdian pada masyarakat seperti ini, mahasiswa dapat memberikan sumbangsih baik tenaga, pikiran dan ilmu pengetahuannya untuk memberikan manfaat positif bagi masyarakat terutama dalam bidang pendidikan dan pemberdayaan,” ujar Dekan FIP. Menurut hasil Monev yang dilaksanakan, Dekan FIP mengatakan lebih jauh mengenai beberapa kekurangan di lokasi PPL dan KKS seperti kurangnya tenaga guru di beberapa Sekolah Dasar, sehingga mahasiswa peserta PPL dan KKS benar-benar dimaksimalkan sehingga bisa menambah bekal pengalaman bagi mahasiswa itu sendiri yang sangat bermanfaat bagi masa depannya nanti. Frekuensi kehadiran DPL ke Posko PPL dan KKS sendiri perlu ditingkatkan lagi. Hal ini tentunya terkendala jarak dan waktu para DPL yang harus mengajar di Kampus serta lokasi Posko yang berada cukup jauh dari Kamus UNG yakni di Kecamatan Limboto Barat, Batudaa dan Bongomeme. Terkait musibah yang terjadi di Kecamatan Atinggola Kabupaten Gorontalo Utara yang mengakibatkan seorang peserta KKS menjadi korban penganiyayaan, Dekan FIP menekankan kepada para peserta PPL dan KKS untuk pentingnya menjaga kerjasama, harmonisasi dan komunikasi yang baik dengan pemerintah desa setempat, masyarakat dan terlebih lagi para pemuda yang ada di lokasi PPL dan KKS. “Menjaga kerjasama, harmonisasi dan komunikasi yang baik ini sangat penting dalam suksesnya setiap program dan kegiatan yang akan dilaksanakan oleh para peserta PPL dan KKS, yang juga tentunya dapat menghindarkan dari berbagai hal negatif yang tidak diinginkan bersama,” tutup Prof. Dr. Abdul Haris Panai. (Hms FIP)

Dekan FIP, Prof. Dr. Abdul Haris Panai bersama rombongan disambut Kepala SDN 13 Limboto Barat pada pelaksanaan Monitoring dan Evaluasi (monev) kegiatan PPL dan KKS, Kamis (10/10) siang.

Agenda

12 Oktober 2017

Pelatihan Website Fakultas

Pelatihan Website Fakultas

4 Mei 2017

Wisuda 04 Mei 2017

Wisuda UNG

11 April - 05 Mei 2017

Pendaftaran SBMPTN 2017

SBMPTN 2017

11 November 2016

Seminar Internasional

Seminar Internasional dengan tema “Hilirisasi Pertanian Berbasis Lokal Untuk Kemandirian Pangan"