Danau Moat Jadi Target Eksplorasi Mahasiswa Biologi

Oleh: Abdul Wahid Rauf . 15 November 2019 . 16:18:00

 

GORONTALO – Untuk mendorong kompetensi dalam penalaran riset, Jurusan biologi mulai sejak dini mulai mengasah insting dan kemampuan para mahasiswa sebagai peneliti. Wadah yang dimanfaatkan untuk melatih mahasiswa sebagai seorang peneliti dilakukan dengan terjun langsung kelapangan, melalui kegiatan praktek kerja lapangan (PKL) terpadu.

Menurut Ilyas A Husain, S.Pd, M.Pd, melalui praktikum lapangan mata kuliah mahasiswa ditugaskan untuk melakukan eksplorasi keanekaragaman tumbuhan, keanekaragaman hewan serta kondisi ekologi di Danau Moat Bolaang Mongondow Timur.

“Salah satu kompetensi yang harus dimiliki adalah kemampuan dalam melakukan penelitian ataupun riset, dengan melakukan eksplorasi secara langsung di lapangan. Lokasi yang dipilih yakni tempat yang dikenal memiliki ragam tumbuhan dan hewan, yang sangat bagus untuk eksplor,” ungkap Ilyas saat persiapan keberangkatan PKL ke Danau Moat, Jumat (15/11).

Setelah melakukan pengamatan dan observasi lapangan, mahasiswa juga diharuskan untuk sebuah riset terkait pengamatan yang dilakukan setiap individu maupun kelompok. Kemudian menyusunnya dalam sebuah laporan dan akan diseminarkan.

"Dengan melakukan observasi hingga pemaparan laporan melalui seminar, menjadi wadah melatih sejak dini mahasiswa untuk bisa melakukan riset," jelasnya.

Lebih lanjut dijelaskan Ilyas, dalam pelaksanaan PKL kali ini melibatkan 3 mata kuliah yakni mata kuliah keanekaragaman tumbuhan II, keanekaragaman hewan II serta botani tumbuhan rendah dan ekologi. (wahid)

Agenda

23 Januari 2024

Lokakarya Penyusunan Rencana Kerja Program dan Anggaran UNG Tahun 2024

.

16 Januari 2024

Seminar Pembukaan Seleksi Beasiswa LPDP

Seleksi Beasiswa LPDP Tahap I Tahun 2024, pukul 10.00 WITA di lantai 4 rektorat UNG

11 Januari 2024

Sosialisasi dan Promosi Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru

Sosialisasi dan Promosi SNPMB 2024 Perguruan Tinggi Negeri tahun 2024 UNG

9 Januari 2024

Penandatanganan MoU antara UNG dengan Komisi Pemilihan Umum dan Badan Pengawas Pemilu

MOU MBKM PEMILU untuk Pendidikan Politik dan Pengawasan Partisipatif

Established
In

1993

as STKIP N. Gorontalo

Student
body

22350

from 27 province

Number of
Lecturers

894

from 85 majors

University
rank

13

at BLU Category

Keseluruhan

0

Hari Ini

0

Kemarin

0