Cegah Plagiasi di Lingkungan Kampus, UPT Perpustakaan Gelar Zotero Workshop

Oleh: Abdul Wahid Rauf . 12 Agustus 2020 . 16:38:17

GORONTALO - Keberadaan sebuah perangkat lunak yang berfungsi sebagai “citation & reference manager” (pengelolaan sitasi dan referensi) telah menjadi sebuah kebutuhan, khususnya di dalam dunia akademik. Salah satu perangkat lunak untuk mengelola sitasi dan referensi ilmiah yang cukup populer digunakan adalah Zotero. Untuk meningkatkan kemampuan menggunakan perangkat ini di kalangan sivitas akademika Universitas Negeri Gorontalo (UNG), UPT Perpustakaan UNG menggelar Zotero Workshop pada Selasa, 11 Agustus 2020 secara daring.

Workshop kali ini, UPT Perpustakaan UNG mengundang Chandra Pratama Setiawan, M.Sc, Kepala Bagian Pengembangan Koleksi dari Perpustakaan Universitas Kristen Petra, Surabaya, sebagai narasumber.

Dalam pemaparannya Pemateri banyak mengulas kenapa sebuah reference tool manager, seperti Zotero, penting untuk dikuasai oleh kalangan akademis, termasuk mahasiswa. Tidak hanya membantu dalam proses penelusuran referensi dan pengelolaan sitasi serta daftar pustaka, Zotero bisa membantu penyusun karya ilmiah terhindar dari tindakan plagiasi. Dengan Zotero, penyusun karya ilmiah tidak perlu kuatir salah melakukan kutipan atau lupa mencantumkan sumber rujukan saat menyusun daftar pustaka karena secara otomatis susunan daftar pustaka bisa terbentuk. Dalam waktu sekitar dua jam, seluruh peserta diajarkan bagaimana memasang Zotero di perangkat komputer, menelusuri dan menyimpan referensi, membuat sitasi dan daftar pustaka.

Wakil Rektor Bidang Akademik UNG, Dr. Harto Malik, M.Hum, saat membuka workshop mengatakan, sangat penting bagi civitas akademika UNG untuk terus menjaga kualitas karya ilmiah yang dihasilkan, terutama dalam hal bagaimana melakukan sitasi dan referensi secara tepat sesuai kaidah penulisan karya ilmiah. "Dengan Zotero ini, diharapkan kemampuan melakukan sitasi dan referensi civitas akademika UNG dapat meningkat sehingga potensi plagiasi dapat dihindari," ujar Harto.

Kepala UPT Perpustakaan UNG, Dr. Ismet Sulila, menyampaikan bahwa melalui kegiatan workshop Zotero, baik mahasiswa, tenaga kependidikan, maupun dosen, diharapkan bisa menemukan cara yang lebih praktis dalam hal bagaimana mengelola sitasi dan referensi, dua komponen penting dalam penyusunan karya ilmiah.

"Kemudahan melakukan dua hal penting ini juga akan sangat membantu penyusun karya ilmiah menghindari tindakan plagiasi akibat kelalaian dalam menuliskan sumber rujukan dengan tepat," terangnya.

Lebih lanjut Ismet Sulila menjelaskan, dalam rangkaian menyambut Dies Natalis UNG di tahun ini UPT Perpustakaan selain akan mempersiapkan langganan aplikasi Turnitin yang membantu proses pengecekan tingkat kesamaan naskah karya ilmiah, juga akan menggelar webinar dengan tema layanan kepustakaan di masa kenormalan baru dengan narasumber pustakawan dari UK Petra, Indonesia dan Curtin University, Australia, pada bulan September 2020. (**)

Agenda

2 Mei 2020

Webinar Hardiknas 2020

Seminar Online dalam rangka Hari Pendidikan Nasional dengan Narasumber, Dr. Eduart Wolok, ST, MT, Karmila Machmud, MA, Ph.D, Drs. Amin Nusi, M.Pd. Disiarkan langsung dari Fanspage Facebook Universitas Negeri Gorontalo

2 Desember 2019

Job Fair Media Group

Dalam Job Fair kali ini, perusahaan Media Grup akan membuka rekrutmen tenaga kerja untuk seluruh kelompok usaha yang bernaung dibawahnya, mulai dari perusahaan media cetak, percetakan, penyiaran, Daring, Properti, Event Organizer, Sumber Daya Alam dan beberapa kelompok usaha lainnya.

2 Desember 2019

Kuliah Umum 4 Pilar Kebangsaan dan Kepemimpinan 2030

Kuliah Umum oleh Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat (Rerie) yang akan membahas empat pilar kebangsaan dan kepemimpinan 2030 di Gedung Auditorium Universitas Negeri Gorontalo

26 September - 01 Oktober 2018

Hibah eLearning IDB7in1

PIU IDB7in1 UNG memberikan kesempatan untuk dosen yang berminat untuk menyusun modul eLearning langsung pada situs elearning IDB7in1. Untuk user bisa menghubungi email : elearningidb7in1@ung.ac.id
Info lengkap di http://elearning-idb7in1.ung.ac.id/mod/forum/discuss.php?d=61