Capaian Akreditasi Prodi UNG Ditahun 2016 Memuaskan

Oleh: Abdul Wahid Rauf . 21 Desember 2016 . 11:52:38

 

GORONTALO - Tahun 2016 merupakan tahun yang gemilang bagi Universitas Negeri Gorontalo, dengan mampu menorehkan prestasi memuaskan diberbagai bidang. Salah satu pencapaian yang berhasil ditorehkan yakni akreditasi Program Studi (Prodi) dari sepuluh Fakultas yang bernaung di kampus merah maron.

Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) dalam akreditasi Prodi mampu mencatatkan satu Prodi terakreditasi A yakni Manajemen Pendidikan, serta Prodi lainnya terakreditasi B. Untuk Fakultas Ilmu Sosial (FIS) dan Fakultas Ekonomi (FE) seluruh Prodi yang bernaung didalamnya mampu mencatatkan akreditasi B.

Fakultas Sastra dan Budaya (FSB) tidak ketinggalan dalam pencapaian akreditasi Prodi dengan menorehkan satu Prodi Akreditasi A yakni Prodi Pariwisata sementara sisanya juga menorehkan akreditasi B. Untuk Fakultas Teknik (Fatek) juga mengalami peningkatan dalam akreditasi dengan sebagian besar Prodi-nya terakreditasi B, dan tinggal menunggu hasil akreditasi Prodi Teknik Industri.

Sementara itu Fakultas Pertanian (Faperta) UNG, empat Prodi yang dinaunginya berhasil menorehkan akreditasi B, tinggal satu Prodi lagi yakni Ilmu Teknologi Pangan (ITP) yang masih menanti hasil akreditasi. Untuk Fakultas Olahraga dan Kesehatan (FOK), Prodi Kepelatihan dan Olahraga telah terakreditasi dengan nilai B, sementara untuk Prodi lainnya masih menunggu proses akreditasi.

Prodi Ilmu Hukum sebagai satu-satunya Prodi yang bernaung di Fakultas Hukum juga mampu meraih akreditasi dengan Nilai B. Untuk Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) saat ini tengah menanti hasil akreditasi untuk seluruh Prodi yang dinaunginya.

Pascasarjana pun seakan tidak mau ketinggalan berlomba dalam mencapai akreditasi terbaik, dengan perolehan akreditasi B untuk 3 Prodi, yakni Bahasa Inggris, Matematika serta Kependudukan dan Lingkungan Hidup, sementara untuk Prodi lainnya juga masih menunggu proses akreditasi dari BAN-PT.

Lainnya halnya dengan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, salah satu Fakultas favorit di UNG berhasil mencatatkan prestasi Akreditasi Prodi yang sangat luar biasa. Dimana ditahun 2016 4 Prodi FMIPA yakni Prodi Pendidikan Fisika, Pendidikan Biologi, Pendidikan Kimia dan Pendidikan Geografi, berhasil meraih akreditasi A, dan sisanya telah terakreditasi B.

Menurut Rektor UNG Prof. Dr. Syamsu Qamar Badu, M.Pd, capaian akreditasi Prodi di tahun 2016 sangat memuaskan. Seluruh civitas akademika Fakultas dan Pascasarjana mampu menunjukkan upaya dan komitmen yang begitu kuat dalam mewujudkan akreditasi terbaik, sebagai bentuk Penjaminan mutu kepada masyarakat.

"Alhamdulillah capaian akreditasi tahun ini sangat menggembirakan. Sudah 6 Prodi di UNG yang terakreditasi A, sementara lainnya juga mampu meraih akreditasi B dimana sebagian besar meraih nilai B "gemuk". Ini tentunya tidak lepas dari upaya seluruh elemen civitas akademika UNG khususnya di Fakultas dan Prodi," terang Rektor Disela-sela Apel Korpri di lingkungan UNG, Selasa (20/12).

Melalui capaian ini, Rektor berharap ditahun mendatang dapat lebih meningkatkan kualitas seluruh Prodi di UNG, melalui pencapaian Akreditasi terbaik yakni akreditasi A. Dengan melakukan Reakreditasi kembali bagi Prodi yang memiliki potensi besar meraih A. (wahid)

Agenda

23 Januari 2024

Lokakarya Penyusunan Rencana Kerja Program dan Anggaran UNG Tahun 2024

.

16 Januari 2024

Seminar Pembukaan Seleksi Beasiswa LPDP

Seleksi Beasiswa LPDP Tahap I Tahun 2024, pukul 10.00 WITA di lantai 4 rektorat UNG

11 Januari 2024

Sosialisasi dan Promosi Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru

Sosialisasi dan Promosi SNPMB 2024 Perguruan Tinggi Negeri tahun 2024 UNG

9 Januari 2024

Penandatanganan MoU antara UNG dengan Komisi Pemilihan Umum dan Badan Pengawas Pemilu

MOU MBKM PEMILU untuk Pendidikan Politik dan Pengawasan Partisipatif

Established
In

1993

as STKIP N. Gorontalo

Student
body

22350

from 27 province

Number of
Lecturers

894

from 85 majors

University
rank

13

at BLU Category

Keseluruhan

0

Hari Ini

0

Kemarin

0