Calon Trainer Program Utara-Utara Mulai Dibekali

Oleh: Abdul Wahid Rauf . 14 Maret 2016 . 13:07:58

GORONTALO – 12 trainer perwakilan dari 3 daerah yang tergabung dalam kerjasama Utara-Utara yakni, Kabupaten Bolaangmongondow Utara, Kabupaten Gorontalo Utara dan Kabupaten Buol, mengikuti pembekalan pengetahuan terkait pengembangan sapi potong. Pelatihan yang dibingkai dalam kegiatan Pra Training of Trainers (TOT) Course tersebut dilaksanakan, Sabtu (12/3), di Rektorat Universitas Negeri Gorontalo.

Ketua Panitia Kegiatan Agus Bahar Rachman, S.Pt, M.Si mengungkapkan, masing-masing daerah mengirimkan 4 perwakilan yang akan menjalankan tugas sebagai trainer pengembangan sapi potong di masing-masing daerah. Dan masing-masing perwakilan tersebut, akan digodok terlebih dahulu terkait pengetahuan pengembangan sapi potong, sebelum nantinya akan mengikuti kegiatan TOT oleh PUM Netherlands.

“Pra TOT sebagai dasar pelatihan yang diberikan kepada calon trainer dimasing-masing daerah. Sehingga nanti ketika mengikuti TOT dibawah arahan langsung PUM Netherlands, calon trainer telah mengetahui dasar-dasar materi pelatihan yang akan diberikan,” ungkap Agus.

Direktur Kerjasama UNG Imran Rosman Hambali, S.Pd, SE, M.SA mengatakan, Pra TOT merupakan salah satu program implementasi dalam kerjasama utara-utara khususnya dibidang pengembangan peternakan. Dimana target utama program ini, adalah peningkatan kualitas hasil ternak dan kualitas sumberdaya manusia peternak.

“Sasaran utama program ini adalah bagaimana meningkatkan kualitas hasil ternak sapi potong masyarakat, yang dimulai dengan membekali sumberdaya manusia pengelola ternak tersebut,” terang Imran.

Sementara itu, Dekan Fakultas Pertanian UNG. Dr. Ikbal Bahua, SP., M.Si, mengharapkan program ini dapat turut serta melibatkan mahasiswa dalam kegiatan pelatihannya. Karena diharapkan, keterlibatan mahasiswa selain untuk memberikan pengetahuan tambahan diluar aktifitas perkuliahan, juga diharapkan melalui pengetahuan tersebut mereka dapat berperan sebagai trainer bagi mahasiswa lainnya.

“Program ini juga diharapkan dapat turut serta memberikan dampak positif bagi mahasiswa, dengan memberikan ruang kepada mereka untuk terlibat langsung dalam program pelatihan,” tandas Ikbal. (wahid)

Agenda

23 Januari 2024

Lokakarya Penyusunan Rencana Kerja Program dan Anggaran UNG Tahun 2024

.

16 Januari 2024

Seminar Pembukaan Seleksi Beasiswa LPDP

Seleksi Beasiswa LPDP Tahap I Tahun 2024, pukul 10.00 WITA di lantai 4 rektorat UNG

11 Januari 2024

Sosialisasi dan Promosi Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru

Sosialisasi dan Promosi SNPMB 2024 Perguruan Tinggi Negeri tahun 2024 UNG

9 Januari 2024

Penandatanganan MoU antara UNG dengan Komisi Pemilihan Umum dan Badan Pengawas Pemilu

MOU MBKM PEMILU untuk Pendidikan Politik dan Pengawasan Partisipatif

Established
In

1993

as STKIP N. Gorontalo

Student
body

22350

from 27 province

Number of
Lecturers

894

from 85 majors

University
rank

13

at BLU Category

Keseluruhan

0

Hari Ini

0

Kemarin

0