Buka Sekolah Pariwisata, UNG Kembangkan Wisata Modern di Botubarani

Oleh: Rusli Adam . 22 September 2021 . 13:12:54

Desa Botubarani, punya destinasi wisata unggulan yang telah mendunia. Wisata Whale Shark di Botubarani, tak hanya menyita perhatian wisatawan domestik. Tak sedikit turis mancanegara yang datang ke Gorontalo hanya untuk melihat dari dekat ‘hiu paling ramah di dunia’ ini.

Potensi wisata yang ‘luar biasa’ ini, harus ditunjang dengan kultur masyarakat yang adaptif, bisa menyesuaikan diri dengan keberadaan objek wisata Whale Shark Botubarani telah dikenal masyarakat dunia.

Soal bagaimana pengembangan kultur masyarakat di sekitar objek wisata Hiu Paus ini, Fakultas Sastra dan Budaya (FSB) melalui Jurusan English Department UNG, akan menjadikan desa Botubarani sebagai bagian dari implementasi program pendidikan berbahasa Inggris.

Ketua Jurusan English Departement, Novi R. Usu mengungkapkan, selain masuk dalam kalender Dies Natalis ke-58 UNG, kegiatan ini juga jadi bagian dari penelitian dan pengabdian dosen dan juga mahasiswa.

Program Sekolah Bahasa Inggris di Botubarani, akan berlangsung selama 1 tahun ini. “Kita akan menjadwalkan dosen maupun mahasiswa yang akan melaksanakan program ini ,”

“Target dari program ini adalah melatih orang-orang yang ada di sekitar objek wisata Hiu Paus, termasuk nelayan, agar bisa berbahasa Inggris. Mengusai bahasa Inggris, ciri masyarakat modern,” katanya.

Sekolah Pariwisata

Jurusan Pariwisata UNG juga mulai menaruh perhatian terhadap pengembangan pariwisata di Gorontalo. Jurusan Pariwisata UNG punya program Sekolah Pariwisata.

“Melalui program Sekolah Pariwisata, masyarakat diajak untuk bisa memahami arti penting objek wisata sebagai potensi yang bila dikembangkan dengan baik bisa memiliki nilai ekonomis …,”

“Kita juga akan bekali masyarakat dengan pengetahuan tentang agaimana mengelola pariwisata modern disamping mengembangkan potensi yang ada di sekitar objek wisata termasuk kuliner maupun produk pangannya,” kata Ketua Jurusan Pariwisata UNG, Krisna.*

Agenda

23 Januari 2024

Lokakarya Penyusunan Rencana Kerja Program dan Anggaran UNG Tahun 2024

.

16 Januari 2024

Seminar Pembukaan Seleksi Beasiswa LPDP

Seleksi Beasiswa LPDP Tahap I Tahun 2024, pukul 10.00 WITA di lantai 4 rektorat UNG

11 Januari 2024

Sosialisasi dan Promosi Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru

Sosialisasi dan Promosi SNPMB 2024 Perguruan Tinggi Negeri tahun 2024 UNG

9 Januari 2024

Penandatanganan MoU antara UNG dengan Komisi Pemilihan Umum dan Badan Pengawas Pemilu

MOU MBKM PEMILU untuk Pendidikan Politik dan Pengawasan Partisipatif

Established
In

1993

as STKIP N. Gorontalo

Student
body

22350

from 27 province

Number of
Lecturers

894

from 85 majors

University
rank

13

at BLU Category

Keseluruhan

0

Hari Ini

0

Kemarin

0