Buka Sekolah Pariwisata, UNG Kembangkan Wisata Modern di Botubarani

Oleh: Rusli Adam . 22 September 2021 . 13:12:54

Desa Botubarani, punya destinasi wisata unggulan yang telah mendunia. Wisata Whale Shark di Botubarani, tak hanya menyita perhatian wisatawan domestik. Tak sedikit turis mancanegara yang datang ke Gorontalo hanya untuk melihat dari dekat ‘hiu paling ramah di dunia’ ini.

Potensi wisata yang ‘luar biasa’ ini, harus ditunjang dengan kultur masyarakat yang adaptif, bisa menyesuaikan diri dengan keberadaan objek wisata Whale Shark Botubarani telah dikenal masyarakat dunia.

Soal bagaimana pengembangan kultur masyarakat di sekitar objek wisata Hiu Paus ini, Fakultas Sastra dan Budaya (FSB) melalui Jurusan English Department UNG, akan menjadikan desa Botubarani sebagai bagian dari implementasi program pendidikan berbahasa Inggris.

Ketua Jurusan English Departement, Novi R. Usu mengungkapkan, selain masuk dalam kalender Dies Natalis ke-58 UNG, kegiatan ini juga jadi bagian dari penelitian dan pengabdian dosen dan juga mahasiswa.

Program Sekolah Bahasa Inggris di Botubarani, akan berlangsung selama 1 tahun ini. “Kita akan menjadwalkan dosen maupun mahasiswa yang akan melaksanakan program ini ,”

“Target dari program ini adalah melatih orang-orang yang ada di sekitar objek wisata Hiu Paus, termasuk nelayan, agar bisa berbahasa Inggris. Mengusai bahasa Inggris, ciri masyarakat modern,” katanya.

Sekolah Pariwisata

Jurusan Pariwisata UNG juga mulai menaruh perhatian terhadap pengembangan pariwisata di Gorontalo. Jurusan Pariwisata UNG punya program Sekolah Pariwisata.

“Melalui program Sekolah Pariwisata, masyarakat diajak untuk bisa memahami arti penting objek wisata sebagai potensi yang bila dikembangkan dengan baik bisa memiliki nilai ekonomis …,”

“Kita juga akan bekali masyarakat dengan pengetahuan tentang agaimana mengelola pariwisata modern disamping mengembangkan potensi yang ada di sekitar objek wisata termasuk kuliner maupun produk pangannya,” kata Ketua Jurusan Pariwisata UNG, Krisna.*

Agenda

2 Mei 2020

Webinar Hardiknas 2020

Seminar Online dalam rangka Hari Pendidikan Nasional dengan Narasumber, Dr. Eduart Wolok, ST, MT, Karmila Machmud, MA, Ph.D, Drs. Amin Nusi, M.Pd. Disiarkan langsung dari Fanspage Facebook Universitas Negeri Gorontalo

2 Desember 2019

Job Fair Media Group

Dalam Job Fair kali ini, perusahaan Media Grup akan membuka rekrutmen tenaga kerja untuk seluruh kelompok usaha yang bernaung dibawahnya, mulai dari perusahaan media cetak, percetakan, penyiaran, Daring, Properti, Event Organizer, Sumber Daya Alam dan beberapa kelompok usaha lainnya.

2 Desember 2019

Kuliah Umum 4 Pilar Kebangsaan dan Kepemimpinan 2030

Kuliah Umum oleh Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat (Rerie) yang akan membahas empat pilar kebangsaan dan kepemimpinan 2030 di Gedung Auditorium Universitas Negeri Gorontalo

26 September - 01 Oktober 2018

Hibah eLearning IDB7in1

PIU IDB7in1 UNG memberikan kesempatan untuk dosen yang berminat untuk menyusun modul eLearning langsung pada situs elearning IDB7in1. Untuk user bisa menghubungi email : elearningidb7in1@ung.ac.id
Info lengkap di http://elearning-idb7in1.ung.ac.id/mod/forum/discuss.php?d=61