Bingung Mendaftar SNMPTN? Simak Tips dari Warek Bidang Akademik

Oleh: Abdul Wahid Rauf . 16 Februari 2021 . 13:28:02

GORONTALO – Tahap pendaftaran Mahasiswa Baru melalui Jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) tahun 2021 telah resmi dibuka oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT). Untuk bisa mendaftar pada SNMPTN kali ini, Wakil Rektor Bidang Akademik UNG Dr. Harto Malik, M.Hum sedikit berbagi tips langkah sukses mendaftar SNMPTN untuk para Calon Mahasiswa.

Menurut Harto, langkah awal mendaftar SNMPTN yakni Siswa melakukan login di Portal LTMPT menggunakan akun LTMPT yang telah teregistrasi. “Selanjutnya pastikan pendaftar adalah Siswa elgible, yang memiliki akun permanen dan memiliki nilai lengkap PDSS,” ungkap Harto.

Setelah melakukan login Siswa diharuskan mengisi kelengkapan data orang tua pada halaman profil, yang terdiri atas penghasilan serta jumlah tanggungan orang tua. Selanjutnya Siswa dapat melakukan pendaftaran SNMPTN dengan mengisikan pilihan Program Studi (Prodi) yang dipilih pada halaman pilihan.

Saat memilih Prodi Siswa diberikan kesempatan memilih satu atau Prodi saat mendaftar SNMPTN. Jika memilih dua Prodi, salah satu harus berada di PTN pada Provinsi yang sama dengan asal Sekolah. Untuk yang memilih satu Prodi, dapat memilih PTN yang berada di Provinsi manapun.

“Untuk Prodi (seperti kesenian) mensyaratkan untuk mengisikan protofoli maka Siswa harus mengisi data tersebut dengan menguplod file. Bagi Prodi yang tidak mensyaratkan maka laman protofolio akan kosong,” terangnya.

Kemudian setelah memilih Prodi Siswa dapat mengisi mengisikan prestasi pada halaman Prestasi. Akan tetapi pengisian data tersebut tidaklah wajib, jika memang tidak memiliki prestasi dengan bidang dan tingkat prestasi yang disyaratkan halaman tersebut dapat dikosongkan.

“Yang dapat diisi maksimal tiga prestasi, dengan mengupload bukti prestasi dengan format pdf atau jpg,” ujarnya.

Lebih lanjut dijelaskan Harto setelah mengisi data-data tersebut, Siswa dapat melakukan finalisasi data pilihan SNMPTN jika semua isian sudah diisi dengan benar. Caranya dengan memberikan checklist pernyataan persetujuan pada kotak yang diberi warna merah kemudian pilih finalisasi.

“Tahap terakhir dengan mengunduh kartu registrasi untuk pendaftaran SNMPTN jika sudah melakukan finalisasi. Perlu dicatat, ketika sudah melakukan finalisasi maka seluruh isian data tidak dapat lagi dan finalisasi tidak dapt dibatalkan dengan cara apapun,” pungkasnya. (wahid)

 

Agenda

23 Januari 2024

Lokakarya Penyusunan Rencana Kerja Program dan Anggaran UNG Tahun 2024

.

16 Januari 2024

Seminar Pembukaan Seleksi Beasiswa LPDP

Seleksi Beasiswa LPDP Tahap I Tahun 2024, pukul 10.00 WITA di lantai 4 rektorat UNG

11 Januari 2024

Sosialisasi dan Promosi Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru

Sosialisasi dan Promosi SNPMB 2024 Perguruan Tinggi Negeri tahun 2024 UNG

9 Januari 2024

Penandatanganan MoU antara UNG dengan Komisi Pemilihan Umum dan Badan Pengawas Pemilu

MOU MBKM PEMILU untuk Pendidikan Politik dan Pengawasan Partisipatif

Established
In

1993

as STKIP N. Gorontalo

Student
body

22350

from 27 province

Number of
Lecturers

894

from 85 majors

University
rank

13

at BLU Category

Keseluruhan

0

Hari Ini

0

Kemarin

0