Bingung Mendaftar SNMPTN? Simak Tips dari Warek Bidang Akademik

Oleh: Abdul Wahid Rauf . 16 Februari 2021 . 13:28:02

GORONTALO – Tahap pendaftaran Mahasiswa Baru melalui Jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) tahun 2021 telah resmi dibuka oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT). Untuk bisa mendaftar pada SNMPTN kali ini, Wakil Rektor Bidang Akademik UNG Dr. Harto Malik, M.Hum sedikit berbagi tips langkah sukses mendaftar SNMPTN untuk para Calon Mahasiswa.

Menurut Harto, langkah awal mendaftar SNMPTN yakni Siswa melakukan login di Portal LTMPT menggunakan akun LTMPT yang telah teregistrasi. “Selanjutnya pastikan pendaftar adalah Siswa elgible, yang memiliki akun permanen dan memiliki nilai lengkap PDSS,” ungkap Harto.

Setelah melakukan login Siswa diharuskan mengisi kelengkapan data orang tua pada halaman profil, yang terdiri atas penghasilan serta jumlah tanggungan orang tua. Selanjutnya Siswa dapat melakukan pendaftaran SNMPTN dengan mengisikan pilihan Program Studi (Prodi) yang dipilih pada halaman pilihan.

Saat memilih Prodi Siswa diberikan kesempatan memilih satu atau Prodi saat mendaftar SNMPTN. Jika memilih dua Prodi, salah satu harus berada di PTN pada Provinsi yang sama dengan asal Sekolah. Untuk yang memilih satu Prodi, dapat memilih PTN yang berada di Provinsi manapun.

“Untuk Prodi (seperti kesenian) mensyaratkan untuk mengisikan protofoli maka Siswa harus mengisi data tersebut dengan menguplod file. Bagi Prodi yang tidak mensyaratkan maka laman protofolio akan kosong,” terangnya.

Kemudian setelah memilih Prodi Siswa dapat mengisi mengisikan prestasi pada halaman Prestasi. Akan tetapi pengisian data tersebut tidaklah wajib, jika memang tidak memiliki prestasi dengan bidang dan tingkat prestasi yang disyaratkan halaman tersebut dapat dikosongkan.

“Yang dapat diisi maksimal tiga prestasi, dengan mengupload bukti prestasi dengan format pdf atau jpg,” ujarnya.

Lebih lanjut dijelaskan Harto setelah mengisi data-data tersebut, Siswa dapat melakukan finalisasi data pilihan SNMPTN jika semua isian sudah diisi dengan benar. Caranya dengan memberikan checklist pernyataan persetujuan pada kotak yang diberi warna merah kemudian pilih finalisasi.

“Tahap terakhir dengan mengunduh kartu registrasi untuk pendaftaran SNMPTN jika sudah melakukan finalisasi. Perlu dicatat, ketika sudah melakukan finalisasi maka seluruh isian data tidak dapat lagi dan finalisasi tidak dapt dibatalkan dengan cara apapun,” pungkasnya. (wahid)

 

Agenda

2 Mei 2020

Webinar Hardiknas 2020

Seminar Online dalam rangka Hari Pendidikan Nasional dengan Narasumber, Dr. Eduart Wolok, ST, MT, Karmila Machmud, MA, Ph.D, Drs. Amin Nusi, M.Pd. Disiarkan langsung dari Fanspage Facebook Universitas Negeri Gorontalo

2 Desember 2019

Job Fair Media Group

Dalam Job Fair kali ini, perusahaan Media Grup akan membuka rekrutmen tenaga kerja untuk seluruh kelompok usaha yang bernaung dibawahnya, mulai dari perusahaan media cetak, percetakan, penyiaran, Daring, Properti, Event Organizer, Sumber Daya Alam dan beberapa kelompok usaha lainnya.

2 Desember 2019

Kuliah Umum 4 Pilar Kebangsaan dan Kepemimpinan 2030

Kuliah Umum oleh Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat (Rerie) yang akan membahas empat pilar kebangsaan dan kepemimpinan 2030 di Gedung Auditorium Universitas Negeri Gorontalo

26 September - 01 Oktober 2018

Hibah eLearning IDB7in1

PIU IDB7in1 UNG memberikan kesempatan untuk dosen yang berminat untuk menyusun modul eLearning langsung pada situs elearning IDB7in1. Untuk user bisa menghubungi email : elearningidb7in1@ung.ac.id
Info lengkap di http://elearning-idb7in1.ung.ac.id/mod/forum/discuss.php?d=61