Bingung Mendaftar SNMPTN? Berikut Cara Daftarnya

Oleh: Abdul Wahid Rauf . 25 Februari 2020 . 12:45:21

 

GORONTALO – Pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2020 akan berakhir pada tanggal 27 Februari mendatang, para siswa diimbau untuk dapat segera melakukan pendaftaran sebelum waktu yang ditentukan.

Humas SNMPTN UNG Wahidun Usulu, S.Pd, menjelaskan, untuk mendaftar SNMPTN 2020 siswa dapat melakukan login pada laman https://portal.ltmpt.ac.id, dengan menggunakan akun LTMPT yang telah dibuat sebelumnya.

Setelah melakukan login, pendaftar harus melakukan pernyataan kesungguhan untuk mendaftar SNMPTN dengan memberi tanda centang pada box pernyataan persetujuan. “Selesai memberi pernyataan kesungguhan, siswa dapat melakukan mendaftar SNMPTN dengan memilih menu pendaftaran,” ungkap Wahidun.

Setelah membuka menu pendaftaran, pendaftar harus mengisi pilihan Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan Program Studi (Prodi) yang diinginkan. Pemilihan Prodi untuk setiap pendaftar dibatas paling banyak 2 Prodi dengan opsi memilih 2 Prodi untuk 1 PTN, memilih masing-masing 1 Prodi pada 2 PTN, atau hanya memilih 1 Prodi untuk 1 PTN.

“Setelah memilih PTN dan Prodi, pendaftar akan mengisi formulir pendaftaran. Perlu diingat, pastikan pilihan data PTN maupun Prodi telah sesuai dengan sudah benar dan sesuai keinginan,” terangnya.

Bagi pendaftar yang memiliki data prestasi, dapat mengunggah data tersebut maksimal 3 sertifikat atau bukti prestasi. “Yang memilih Prodi Seni dan Olahraga diwajibkan menggungah portofolio,” jelas Wahidun.

Jika seluruh peserta telah mengisi seluruh data pendaftaran selanjutnya pendaftar dapat melakukan finalisasi pendaftaran SNMPTN. Menurut Wahidun setelah melakukan finalisasi, data pendaftaran tidak dapat diubah lagi.

“Dan jika pendaftaran tidak difinalisasi akan dianggap tidak mendaftar. Untuk itu pastikan telah melakukan finalisasi pendaftaran dan semua data yang diperlukan telah terisi dengan benar,” ujarnya.

Untuk tahap akhir pendaftaran kata Wahidun, pendaftar dapat mengunduh dan mencetak kartu peserta. Pastikan kartu tersebut tersimpan dengan baik, sebagai salah satu dokumen yang dibutuhkan nanti. (wahid)

Agenda

2 Mei 2020

Webinar Hardiknas 2020

Seminar Online dalam rangka Hari Pendidikan Nasional dengan Narasumber, Dr. Eduart Wolok, ST, MT, Karmila Machmud, MA, Ph.D, Drs. Amin Nusi, M.Pd. Disiarkan langsung dari Fanspage Facebook Universitas Negeri Gorontalo

2 Desember 2019

Job Fair Media Group

Dalam Job Fair kali ini, perusahaan Media Grup akan membuka rekrutmen tenaga kerja untuk seluruh kelompok usaha yang bernaung dibawahnya, mulai dari perusahaan media cetak, percetakan, penyiaran, Daring, Properti, Event Organizer, Sumber Daya Alam dan beberapa kelompok usaha lainnya.

2 Desember 2019

Kuliah Umum 4 Pilar Kebangsaan dan Kepemimpinan 2030

Kuliah Umum oleh Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat (Rerie) yang akan membahas empat pilar kebangsaan dan kepemimpinan 2030 di Gedung Auditorium Universitas Negeri Gorontalo

26 September - 01 Oktober 2018

Hibah eLearning IDB7in1

PIU IDB7in1 UNG memberikan kesempatan untuk dosen yang berminat untuk menyusun modul eLearning langsung pada situs elearning IDB7in1. Untuk user bisa menghubungi email : elearningidb7in1@ung.ac.id
Info lengkap di http://elearning-idb7in1.ung.ac.id/mod/forum/discuss.php?d=61