Bingung Mendaftar SNMPTN? Berikut Cara Daftarnya

Oleh: Abdul Wahid Rauf . 25 Februari 2020 . 12:45:21

 

GORONTALO – Pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2020 akan berakhir pada tanggal 27 Februari mendatang, para siswa diimbau untuk dapat segera melakukan pendaftaran sebelum waktu yang ditentukan.

Humas SNMPTN UNG Wahidun Usulu, S.Pd, menjelaskan, untuk mendaftar SNMPTN 2020 siswa dapat melakukan login pada laman https://portal.ltmpt.ac.id, dengan menggunakan akun LTMPT yang telah dibuat sebelumnya.

Setelah melakukan login, pendaftar harus melakukan pernyataan kesungguhan untuk mendaftar SNMPTN dengan memberi tanda centang pada box pernyataan persetujuan. “Selesai memberi pernyataan kesungguhan, siswa dapat melakukan mendaftar SNMPTN dengan memilih menu pendaftaran,” ungkap Wahidun.

Setelah membuka menu pendaftaran, pendaftar harus mengisi pilihan Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan Program Studi (Prodi) yang diinginkan. Pemilihan Prodi untuk setiap pendaftar dibatas paling banyak 2 Prodi dengan opsi memilih 2 Prodi untuk 1 PTN, memilih masing-masing 1 Prodi pada 2 PTN, atau hanya memilih 1 Prodi untuk 1 PTN.

“Setelah memilih PTN dan Prodi, pendaftar akan mengisi formulir pendaftaran. Perlu diingat, pastikan pilihan data PTN maupun Prodi telah sesuai dengan sudah benar dan sesuai keinginan,” terangnya.

Bagi pendaftar yang memiliki data prestasi, dapat mengunggah data tersebut maksimal 3 sertifikat atau bukti prestasi. “Yang memilih Prodi Seni dan Olahraga diwajibkan menggungah portofolio,” jelas Wahidun.

Jika seluruh peserta telah mengisi seluruh data pendaftaran selanjutnya pendaftar dapat melakukan finalisasi pendaftaran SNMPTN. Menurut Wahidun setelah melakukan finalisasi, data pendaftaran tidak dapat diubah lagi.

“Dan jika pendaftaran tidak difinalisasi akan dianggap tidak mendaftar. Untuk itu pastikan telah melakukan finalisasi pendaftaran dan semua data yang diperlukan telah terisi dengan benar,” ujarnya.

Untuk tahap akhir pendaftaran kata Wahidun, pendaftar dapat mengunduh dan mencetak kartu peserta. Pastikan kartu tersebut tersimpan dengan baik, sebagai salah satu dokumen yang dibutuhkan nanti. (wahid)

Agenda

23 Januari 2024

Lokakarya Penyusunan Rencana Kerja Program dan Anggaran UNG Tahun 2024

.

16 Januari 2024

Seminar Pembukaan Seleksi Beasiswa LPDP

Seleksi Beasiswa LPDP Tahap I Tahun 2024, pukul 10.00 WITA di lantai 4 rektorat UNG

11 Januari 2024

Sosialisasi dan Promosi Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru

Sosialisasi dan Promosi SNPMB 2024 Perguruan Tinggi Negeri tahun 2024 UNG

9 Januari 2024

Penandatanganan MoU antara UNG dengan Komisi Pemilihan Umum dan Badan Pengawas Pemilu

MOU MBKM PEMILU untuk Pendidikan Politik dan Pengawasan Partisipatif

Established
In

1993

as STKIP N. Gorontalo

Student
body

22350

from 27 province

Number of
Lecturers

894

from 85 majors

University
rank

13

at BLU Category

Keseluruhan

0

Hari Ini

0

Kemarin

0