Bimbingan Konseling Gunakan Teknologi Informasi dalam proses pembelajaran

Oleh: Edi Johan Syah Djula . 17 November 2014 . 17:07:00

Jurusan bimbingan dan konseling Universitas Negeri Gorontalo mulai memperkenalkan penerapan teknologi indormasi dalam pelaksanaan bimbingan dan konseling.

Sebelumnya dalam proses bimbingan dan konseling dilakukan dengan bertatap muka secara langsung antara konselor selaku pemberi bimbingan dan konseli sebagai penerima bimbingan.

Tapi kini dengan semakin berkembangnya zaman, proses bimbingan dan konseling bisa melalui instrumen media sosial seperti Facebook, twitter maupun e-Mail.

“Dengan menggunakan media sosial maka konseli tidak perlu bertatap muka secara langsung dengan konselor, dan ini lebih mudah dan efisien”ujar Meiske Puluhulawa, Ketua panitia seminar dan workshop nasional bimbingan dan konseling yang mengangkat tema pemanfaatan teknologi informasi dalam pelayanan bimbingan konseling di sekolah, Sabtu (15/11).

Menurutnya salah satu esensi dari pendidikan ialah dapat bersinergi dengan bidang lain seperti bidang teknologi yang selama ini memang sudah maksimla diterapkan dalam dunia pendidikan.

“Dalam rangka pengembangan pendidikan kita wajib melaksanakannya dengan sebaik-baiknya salah satunya dengan memanfaatkan teknologi”ujar Meiske.

Untuk memaksimalkan hal ini, kata meiske, mahasiswa di jurusan bimbingan dan konseling telah dibekali dengan materi tentang media dalam pelaksanaan bimbingan dan konseling.

“Calon konselor itu, dalam hal ini mahasiswa telah dibekali dalam mata kuliah dan wajib diikuti”kata Meiske

Agenda

2 Mei 2020

Webinar Hardiknas 2020

Seminar Online dalam rangka Hari Pendidikan Nasional dengan Narasumber, Dr. Eduart Wolok, ST, MT, Karmila Machmud, MA, Ph.D, Drs. Amin Nusi, M.Pd. Disiarkan langsung dari Fanspage Facebook Universitas Negeri Gorontalo

2 Desember 2019

Job Fair Media Group

Dalam Job Fair kali ini, perusahaan Media Grup akan membuka rekrutmen tenaga kerja untuk seluruh kelompok usaha yang bernaung dibawahnya, mulai dari perusahaan media cetak, percetakan, penyiaran, Daring, Properti, Event Organizer, Sumber Daya Alam dan beberapa kelompok usaha lainnya.

2 Desember 2019

Kuliah Umum 4 Pilar Kebangsaan dan Kepemimpinan 2030

Kuliah Umum oleh Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat (Rerie) yang akan membahas empat pilar kebangsaan dan kepemimpinan 2030 di Gedung Auditorium Universitas Negeri Gorontalo

26 September - 01 Oktober 2018

Hibah eLearning IDB7in1

PIU IDB7in1 UNG memberikan kesempatan untuk dosen yang berminat untuk menyusun modul eLearning langsung pada situs elearning IDB7in1. Untuk user bisa menghubungi email : elearningidb7in1@ung.ac.id
Info lengkap di http://elearning-idb7in1.ung.ac.id/mod/forum/discuss.php?d=61