BIG Paparkan Pemanfaatan Informasi Geospasial di Fakultas MIPA

Oleh: Abdul Wahid Rauf . 26 April 2018 . 10:15:00

 

GORONTALO – Salah satu lembaga pemerintah yang bergerak dibidang geospasial yakni Badan Informasi Geospasial (BIG) melakukan kunjungan ke Universitas Negeri Gorontalo. Dalam kunjungannya yang didampingi Anggota Komisi VII DPR-RI Dr. Ir Fadel Muhammad, BIG melakukan pemaparan melalui diseminasi pemanfaatan informasi geospasial untuk mendukung pembangunan daerah secara tepat dan akurat.

Anggota Komisi VII DPR-RI Dr. Ir Fadel Muhammad mengakui, dirinya sengaja mengajak Badan Informasi Geospasial mendiseminasikan pemanfaatan informasi geospasial dengan melibatkan para ahli geospasial di UNG. Tujuannya tidak lain untuk membuka wawasan kalangan akademisi khususnya mahasiswa, dalam memaksimalkan pemanfaatan informasi geospasial.

“Kebijakan masa yang akan datang akan sangat bergantung dari keilmuan geospasial, sehingganya para akademisi khususnya mahasiswa sudah harus memahami bidang keilmuan ini. Momen diseminasi diharapkan dapat merangsang keingin tahuan mahasiswa untuk mengenal bidang keilmuan tersebut,” ungkap Fadel.

Dekan FMIPA Prof. Dr. Evi Hulukati, M.Pd, menyambut baik kegiatan diseminasi yang dilakukan Badan Informasi Geospasial bersama Anggota Komisi VII DPR-RI Dr. Ir Fadel Muhammad. Menurut Evi, rangakaian diseminasi akan sangat penting untuk memperkuat pemahaman mahasiswa dalam pemanfaatan informasi geospasial, terlebih di FMIPA terdapat Jurusan Ilmu Teknologi Kebumian (ITK) yang terus berupaya membuka wawasan mahasiswa sebagai wujud komitmen peningkatan kualitas.

“Diseminasi ini sangat penting untuk kami khususnya Jurusan ITK, karena bidang ilmu yang terus berupaya kami perkuat yakni terkait bidang geospasial,” terang Evi.

Sementara itu Tim Badan Informasi Geospasial Agus Hikmat dalam pemaparannya menjelaskan, informasi geospasial merupakan informasi yang menggambarkan lokasi dan nama dari fitur dibawah, pada atau atas permukaan bumi. Peran informasi geospasial menurutnya memiliki peran besar untuk mendukung pembangunan secara tepat dan akurat, melalui perihal perencanaan menggunakan model visual dalam pengambilan keputusan khususnya terkait aspek geografis pembangunan.

“Informasi geospasial dapat digunakan dalam perencanaan geografis apapun dan dimanapun, karena semua perencanaan pada dasarnya berkaitan dengan dimensi ruang dan waktu. Dengan adanya informasi geospasial, setiap perubahan baik itu sumber daya dan kondisi dari wilayah perencanaan tidak akan menjadi masalah yang besar bagi pembangunan secara tepat dan akurat,” jelasnya. (wahid)

Agenda

2 Mei 2020

Webinar Hardiknas 2020

Seminar Online dalam rangka Hari Pendidikan Nasional dengan Narasumber, Dr. Eduart Wolok, ST, MT, Karmila Machmud, MA, Ph.D, Drs. Amin Nusi, M.Pd. Disiarkan langsung dari Fanspage Facebook Universitas Negeri Gorontalo

2 Desember 2019

Job Fair Media Group

Dalam Job Fair kali ini, perusahaan Media Grup akan membuka rekrutmen tenaga kerja untuk seluruh kelompok usaha yang bernaung dibawahnya, mulai dari perusahaan media cetak, percetakan, penyiaran, Daring, Properti, Event Organizer, Sumber Daya Alam dan beberapa kelompok usaha lainnya.

2 Desember 2019

Kuliah Umum 4 Pilar Kebangsaan dan Kepemimpinan 2030

Kuliah Umum oleh Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat (Rerie) yang akan membahas empat pilar kebangsaan dan kepemimpinan 2030 di Gedung Auditorium Universitas Negeri Gorontalo

26 September - 01 Oktober 2018

Hibah eLearning IDB7in1

PIU IDB7in1 UNG memberikan kesempatan untuk dosen yang berminat untuk menyusun modul eLearning langsung pada situs elearning IDB7in1. Untuk user bisa menghubungi email : elearningidb7in1@ung.ac.id
Info lengkap di http://elearning-idb7in1.ung.ac.id/mod/forum/discuss.php?d=61