BEM UNG Deklarasikan Cinta Pancasila

Oleh: Abdul Wahid Rauf . 15 November 2018 . 09:38:36

 

GORONTALO – Dalam mengantisipasi merosotnya nilai-nilai pancasila, Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) UNG berinisiatif melakukan aksi nyata dalam menguatkan cinta pancasila dimasyarakat. Langkah kongkret tersebut diwujudkan melalui deklarasi gerakan cinta pancasila, dengan melibatkan para mahasiswa sebagai ujung tombak penguatan nilai pancasila, Rabu (14/11),.

Deklarasi cinta pancasila turut dirangkaikan dengan diskusi public yang melibatkan seluruh elemen masyarakat Gorontalo, diantaranya unsur TNI, Polri dan Kejaksaan, kalangan akademisi, tokoh agama, tokoh pemuda dan pimpinan Partai Politik.

Presiden BEM UNG Alfian K Hamzah mengungkapkan, inisiatif menggagas deklarasi cinta pancasila berangkat dari nilai pancasila yang dipertanyakan, diakibatkan perbedaan yang menimbulkan konflik di masyarakat. Terlebih panasnya tensi tahun politik, yang seringkali terjadi gesekan yang turut serta mengikis nilai-nilai pancasila sebagai pemersatu bangsa.

“Melalui diskusi dan deklarasi ini akan tercipta hal baru dan produktif dalam penguatan semangat mencintai pancasila dimasyarakat. Dengan kuatnya rasa cinta tersebut, dapat mendorong Gorontalo sebagai contoh dan daerah terdepan dalam mewujudkan cinta pancasila,” ungkap Alfian.

Lebih lanjut dikatakan Alfian, deklarasi cinta pancasila akan ditindaklanjuti melalui aksi pemberian dan penguatan pemahaman cinta pancasila dimasyarakat, dengan terjun langsung di desa-desa. Langkah tersebut diambil agar upaya memaknai cinta pancasila dapat menyentuh seluruh lapisan masyarakat khususnya diluar perkotaan.

“Yang akan terjun langsung memberikan penguatan dan pemahaman adalah para mahasiswa. Karena ini sebagai wadah kami para mahasiswa untuk berkontribusi langsung dalam memberikan perubahan di masyarakat khususnya penguatan cinta pancasila,” terangnya.

 

 

Rektor UNG Prof. Dr. Syamsu Qamar Badu, M.Pd, menyambut baik kegiatan deklarasi cinta pancasila yang digaungkan oleh mahasiswa UNG. Menurutnya aksi deklarasi dan diskusi ini memiliki makna penting dalam memupuk serta menguatkan semangat cinta pancasila di masyarakat. Untuk itu insiatif semacam ini harus terus dibangun dan harus mampu menyentuh seluruh lapisan masyarakat.

“Diskusi tentang pancasila harus terus kita dibangun sebagai wadah menguatkan rasa cinta pancasila seluruh masyarakat. Dan untuk aksi semacam ini, mahasiswa harus bisa mengambil peran lebih dan menjadi ujung tombak melalui kegiatan positif yang bermuara pada pemersatu bangsa,” tandas Rektor. (wahid)

Agenda

2 Mei 2020

Webinar Hardiknas 2020

Seminar Online dalam rangka Hari Pendidikan Nasional dengan Narasumber, Dr. Eduart Wolok, ST, MT, Karmila Machmud, MA, Ph.D, Drs. Amin Nusi, M.Pd. Disiarkan langsung dari Fanspage Facebook Universitas Negeri Gorontalo

2 Desember 2019

Job Fair Media Group

Dalam Job Fair kali ini, perusahaan Media Grup akan membuka rekrutmen tenaga kerja untuk seluruh kelompok usaha yang bernaung dibawahnya, mulai dari perusahaan media cetak, percetakan, penyiaran, Daring, Properti, Event Organizer, Sumber Daya Alam dan beberapa kelompok usaha lainnya.

2 Desember 2019

Kuliah Umum 4 Pilar Kebangsaan dan Kepemimpinan 2030

Kuliah Umum oleh Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat (Rerie) yang akan membahas empat pilar kebangsaan dan kepemimpinan 2030 di Gedung Auditorium Universitas Negeri Gorontalo

26 September - 01 Oktober 2018

Hibah eLearning IDB7in1

PIU IDB7in1 UNG memberikan kesempatan untuk dosen yang berminat untuk menyusun modul eLearning langsung pada situs elearning IDB7in1. Untuk user bisa menghubungi email : elearningidb7in1@ung.ac.id
Info lengkap di http://elearning-idb7in1.ung.ac.id/mod/forum/discuss.php?d=61