Bantu Penanganan Covid-19, UNG Bakal Sediakan Laboratorium Tes PCR

Oleh: Abdul Wahid Rauf . 17 April 2020 . 11:57:00

GORONTALO – Universitas Negeri Gorontalo berinisiatif mengambil peran membantu Pemerintah Daerah dalam penanganan Wabah Virus Corona atau Covid-19, dengan menyediakan Laboratorium Tes PCR Covid-19 atau swab test Covid-19 sebagai uji spesimen untuk memastikan seseorang positif terjangkit virus corona atau tidak.

Rektor UNG Dr. Eduart Wolok, S,T M.T, mengatakan, kehadiran laboratorium tersebut sangat dibutuhkan guna membantu percepatan proses uji spesimen Covid-19 bagi masyarakat yang terpapar virus corona.

“Uji spesimen swab test covid-19 untuk masyarakat Gorontalo hanya dapat dilakukan dengan mengirimkan sampel ke Makassar melalui transportasi udara. Untuk mempercepat penanganan, Provinsi Gorontalo memerlukan fasilitas Laboratorium sendiri dan UNG siap untuk menyediakannya,” ungkap Rektor.

Menurut Rektor, UNG saat ini telah memikiki beberapa fasilitas pendukung utama dalam melakukan swap test diantara alat PCR (Polymerase Chain Reaction) terbaru dan tercanggih yang ada di Laboratorium Fakultas Pertanian.

Beberapa alat pendukung lain yang digunakan dalam swap test PCR Covid-19 juga telah di pesan dengan ditambah 1000 bahan uji dan APD yang akan digunakan oleh Tim Laboratorium UNG.

"Laboratorium sebagai tempat dilakukannya Tes PCR Covid-19 juga akan disiapkan sesuai standar dan prosedur berlaku. Tenaga Laboratorium juga sudah disiapkan dengan melibatkan Dosen dari beberapa Jurusan," terangnya.

Langkah yang diambil UNG kata Rektor sangat penting untuk meminimalisir penyebaran virus corona di masyarakat, dengan mendeteksi secara cepat para penderta yang telah terpapar virus.

"Kesiapan Laboratorium terus dimatangkan dan tempatnya berlokasi di Kampus baru UNG Bone Bolango. Insyaallah kehadiran fasilitas Tes PCR Covid-19 dapat membatu Pemerintah Daerah dalam menangani secara cepat Virus Corona yang melanda masyarakat," harap Rektor. (wahid)

Agenda

2 Mei 2020

Webinar Hardiknas 2020

Seminar Online dalam rangka Hari Pendidikan Nasional dengan Narasumber, Dr. Eduart Wolok, ST, MT, Karmila Machmud, MA, Ph.D, Drs. Amin Nusi, M.Pd. Disiarkan langsung dari Fanspage Facebook Universitas Negeri Gorontalo

2 Desember 2019

Job Fair Media Group

Dalam Job Fair kali ini, perusahaan Media Grup akan membuka rekrutmen tenaga kerja untuk seluruh kelompok usaha yang bernaung dibawahnya, mulai dari perusahaan media cetak, percetakan, penyiaran, Daring, Properti, Event Organizer, Sumber Daya Alam dan beberapa kelompok usaha lainnya.

2 Desember 2019

Kuliah Umum 4 Pilar Kebangsaan dan Kepemimpinan 2030

Kuliah Umum oleh Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat (Rerie) yang akan membahas empat pilar kebangsaan dan kepemimpinan 2030 di Gedung Auditorium Universitas Negeri Gorontalo

26 September - 01 Oktober 2018

Hibah eLearning IDB7in1

PIU IDB7in1 UNG memberikan kesempatan untuk dosen yang berminat untuk menyusun modul eLearning langsung pada situs elearning IDB7in1. Untuk user bisa menghubungi email : elearningidb7in1@ung.ac.id
Info lengkap di http://elearning-idb7in1.ung.ac.id/mod/forum/discuss.php?d=61