Bantu Penanganan Covid-19, UNG Bakal Sediakan Laboratorium Tes PCR

Oleh: Abdul Wahid Rauf . 17 April 2020 . 11:57:00

GORONTALO – Universitas Negeri Gorontalo berinisiatif mengambil peran membantu Pemerintah Daerah dalam penanganan Wabah Virus Corona atau Covid-19, dengan menyediakan Laboratorium Tes PCR Covid-19 atau swab test Covid-19 sebagai uji spesimen untuk memastikan seseorang positif terjangkit virus corona atau tidak.

Rektor UNG Dr. Eduart Wolok, S,T M.T, mengatakan, kehadiran laboratorium tersebut sangat dibutuhkan guna membantu percepatan proses uji spesimen Covid-19 bagi masyarakat yang terpapar virus corona.

“Uji spesimen swab test covid-19 untuk masyarakat Gorontalo hanya dapat dilakukan dengan mengirimkan sampel ke Makassar melalui transportasi udara. Untuk mempercepat penanganan, Provinsi Gorontalo memerlukan fasilitas Laboratorium sendiri dan UNG siap untuk menyediakannya,” ungkap Rektor.

Menurut Rektor, UNG saat ini telah memikiki beberapa fasilitas pendukung utama dalam melakukan swap test diantara alat PCR (Polymerase Chain Reaction) terbaru dan tercanggih yang ada di Laboratorium Fakultas Pertanian.

Beberapa alat pendukung lain yang digunakan dalam swap test PCR Covid-19 juga telah di pesan dengan ditambah 1000 bahan uji dan APD yang akan digunakan oleh Tim Laboratorium UNG.

"Laboratorium sebagai tempat dilakukannya Tes PCR Covid-19 juga akan disiapkan sesuai standar dan prosedur berlaku. Tenaga Laboratorium juga sudah disiapkan dengan melibatkan Dosen dari beberapa Jurusan," terangnya.

Langkah yang diambil UNG kata Rektor sangat penting untuk meminimalisir penyebaran virus corona di masyarakat, dengan mendeteksi secara cepat para penderta yang telah terpapar virus.

"Kesiapan Laboratorium terus dimatangkan dan tempatnya berlokasi di Kampus baru UNG Bone Bolango. Insyaallah kehadiran fasilitas Tes PCR Covid-19 dapat membatu Pemerintah Daerah dalam menangani secara cepat Virus Corona yang melanda masyarakat," harap Rektor. (wahid)

Agenda

23 Januari 2024

Lokakarya Penyusunan Rencana Kerja Program dan Anggaran UNG Tahun 2024

.

16 Januari 2024

Seminar Pembukaan Seleksi Beasiswa LPDP

Seleksi Beasiswa LPDP Tahap I Tahun 2024, pukul 10.00 WITA di lantai 4 rektorat UNG

11 Januari 2024

Sosialisasi dan Promosi Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru

Sosialisasi dan Promosi SNPMB 2024 Perguruan Tinggi Negeri tahun 2024 UNG

9 Januari 2024

Penandatanganan MoU antara UNG dengan Komisi Pemilihan Umum dan Badan Pengawas Pemilu

MOU MBKM PEMILU untuk Pendidikan Politik dan Pengawasan Partisipatif

Established
In

1993

as STKIP N. Gorontalo

Student
body

22350

from 27 province

Number of
Lecturers

894

from 85 majors

University
rank

13

at BLU Category

Keseluruhan

0

Hari Ini

0

Kemarin

0