Bank Indonesia Sosialisasikan Sistem Pembayaran QRIS ke Civitas Akademika UNG

Oleh: Abdul Wahid Rauf . 9 Maret 2020 . 14:23:39

 

GORONTALO – Bank Indonesia melalui Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Gorontalo melaksanakan sosialisasi Quick Respon Code Indonesia Standar (QRIS). Kali ini sosialisasi yang dilakukan pada Senin (9/3), menyasar kalangan Civitas Akademika Universitas Negeri Gorontalo.

Menurut Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Gorontalo QRIS merupakan standar kode QR Nasional untuk memfasilitasi pembayaran kode QR di Indonesia. QRIS diluncurkan oleh Bank Indonesia dan Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia (ASPI) pada 17 Agustus 2019.

“Sebelumnya telah banyak metode pembayaran dengan menggunakan kode QR, sehingga Bank Indonesia perlu melakukan standarisasi pembayaran menggunakan kode QR melalui QRIS yang sesuai standar Nasional,” ungkapnya.

Melalui QRIS, BI mengusung tema semangat UNGGUL, yakni UNiversal, GampanG, Untung dan Langsung. Dengan sistem ini diharapkan para pengguna aplikasi pembayaran non tunai tidak perlu memiliki terlalu banyak aplikasi pembayaran, karena QRIS dapat digunakan melakukan pembayaran diberbagai merchant.

“Kami berharap sosialisasi ini dapat menjawab kebutuhan informasi masyarakat khususnya kaum milenial terkait kebijakan sistem pembayaran non tunia melalui kode QR. Serta dapat memasyarakatkan penggunaan QRIS dan mengkampanyekan metode pembayaran ini,” harapnya.

Sementara itu Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerjasama dan Sistem Informasi Prof. Dr. Phil. Ikhfan Haris, M.Sc, menyambut baik sosialiasi yang dilakukan Bank Indonesia. Sosialisasi penting untuk memberikan pemahaman terkait penggunaan sistem pembayaran QRIS dikalangan masyarakat. Terlebih motode pembayaran semacam ini mulai digandrungi khususnya untuk generasi muda karena kemudahan penggunaannya.

“Kedepan metode QRIS dapat juga diaplikasikan dalam transaksi di lingkungan UNG, seperti transasksi pembayaran SPP/UKT mahasiswa. Karena tentunya dapat memberikan kemudahan dalam pembayaran,” terang Ikhfan. (wahid)

Agenda

2 Mei 2020

Webinar Hardiknas 2020

Seminar Online dalam rangka Hari Pendidikan Nasional dengan Narasumber, Dr. Eduart Wolok, ST, MT, Karmila Machmud, MA, Ph.D, Drs. Amin Nusi, M.Pd. Disiarkan langsung dari Fanspage Facebook Universitas Negeri Gorontalo

2 Desember 2019

Job Fair Media Group

Dalam Job Fair kali ini, perusahaan Media Grup akan membuka rekrutmen tenaga kerja untuk seluruh kelompok usaha yang bernaung dibawahnya, mulai dari perusahaan media cetak, percetakan, penyiaran, Daring, Properti, Event Organizer, Sumber Daya Alam dan beberapa kelompok usaha lainnya.

2 Desember 2019

Kuliah Umum 4 Pilar Kebangsaan dan Kepemimpinan 2030

Kuliah Umum oleh Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat (Rerie) yang akan membahas empat pilar kebangsaan dan kepemimpinan 2030 di Gedung Auditorium Universitas Negeri Gorontalo

26 September - 01 Oktober 2018

Hibah eLearning IDB7in1

PIU IDB7in1 UNG memberikan kesempatan untuk dosen yang berminat untuk menyusun modul eLearning langsung pada situs elearning IDB7in1. Untuk user bisa menghubungi email : elearningidb7in1@ung.ac.id
Info lengkap di http://elearning-idb7in1.ung.ac.id/mod/forum/discuss.php?d=61