Bangun Karakter Sebagai Poros Pendidikan Melalui Seminar Kepramukaan

Oleh: Abdul Wahid Rauf . 28 April 2017 . 10:28:46

 

GORONTALO - Pembentukan karakter menjadi salah unsur penting dalam mendukung aktivitas pendidikan setiap individu. Atas dorongan pentingnya penanaman karakter tersebut, Dewan Racana Gudep 335-336 Universitas Negeri Gorontalo menggagas Seminar Nasional Kepramukaan, dengan tema karakter sebagai poros pendidikan, Kamis (27/4), di Auditorium UNG.

Ketua Dewan Racana Gudep 335 Nani Wartabone Rifandi Kai, mengatakan Seminar Nasional kepramukaan menjadi salah satu wadah meningkatkan kemampuan siswa dan mahasiswa, untuk sukses dalam pendidikan melalui penguatan karakter individu. Terlebih Pramuka sebagai organisasi yang mewadahi para generasi muda dalam membentuk kader bangsa yang berkarakter dan mempunyai jiwa kepemimpinan melalui prinsip dasar kepramukaan.

"Membentuk karakter Individu dapat dilakukan melalui Kepramukaan. Karena di Kepramukaan membentuk karakter dan jiwa kepemimpinan menjadi yang utama. Sehingga diharapkan karakter tersebut dapat memberikan dukungan dalam aktifitas pendidikan," ungkapnya.

 

 

Tujuan lain dilaksanakan seminar kata Rifandi untuk meningkatkan kualitas individu siswa maupun mahasiswa, agar mampu merealisasikan dan menanamkan semangat kepramukaan di lingkungan masyarakat.

Rektor UNG melalui Ketua Pembina Pramuka UNG Putri Dra. Masita Kadir, M.Pd, menginginkan agenda seminar tidak hanya berakhir dengan ditutupnya rangkaian kegiatan. Namun lebih dari itu juga harus menghasilkan sebuah output yang tujuannya, dapat mewujudkan peserta didik yang lebih berkarakter.

Apalagi jika berbicara penanaman karakter bagi setiap individu, sudah seharusnya dapat ditanamkan sejak dini. "Melalui Kepramukaan pembentukan karakter setiap individu siswa maupun mahasiswa dapat diperkuat, melalui pengalaman Dwi satya, Tri Satya dan Dasa Dharma Pramuka," tandasnya. (wahid)

Agenda

2 Mei 2020

Webinar Hardiknas 2020

Seminar Online dalam rangka Hari Pendidikan Nasional dengan Narasumber, Dr. Eduart Wolok, ST, MT, Karmila Machmud, MA, Ph.D, Drs. Amin Nusi, M.Pd. Disiarkan langsung dari Fanspage Facebook Universitas Negeri Gorontalo

2 Desember 2019

Job Fair Media Group

Dalam Job Fair kali ini, perusahaan Media Grup akan membuka rekrutmen tenaga kerja untuk seluruh kelompok usaha yang bernaung dibawahnya, mulai dari perusahaan media cetak, percetakan, penyiaran, Daring, Properti, Event Organizer, Sumber Daya Alam dan beberapa kelompok usaha lainnya.

2 Desember 2019

Kuliah Umum 4 Pilar Kebangsaan dan Kepemimpinan 2030

Kuliah Umum oleh Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat (Rerie) yang akan membahas empat pilar kebangsaan dan kepemimpinan 2030 di Gedung Auditorium Universitas Negeri Gorontalo

26 September - 01 Oktober 2018

Hibah eLearning IDB7in1

PIU IDB7in1 UNG memberikan kesempatan untuk dosen yang berminat untuk menyusun modul eLearning langsung pada situs elearning IDB7in1. Untuk user bisa menghubungi email : elearningidb7in1@ung.ac.id
Info lengkap di http://elearning-idb7in1.ung.ac.id/mod/forum/discuss.php?d=61