Atasi Desa Gagal, UNG Fokus Bantu Desa

Oleh: Abdul Wahid Rauf . 14 Desember 2019 . 12:11:00

 

Gorontalo: Rektor Universitas Negeri Gorontalo (UNG), Eduart Wolok menuturkan dengan banyaknya temuan mengenai “desa gagal” yang kini banyak beredar di media membuat dirinya memfokuskan lembaga yang ia pimpin untuk bisa mendampingi dan mendukung pengelolaan desa yang lebih transformatif.

Hal tersebut Ia sampaikan saat memberikan sambutan dalam pelaksanaan Focus Group Discussion (FGD) tentang Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) dan Tata Kelola Desa, yang dilaksanakan di Ballroom 2 TC Damhil UNG, Kamis (12/12/2019).

“Kesalahan administratif yang sering terjadi di desa itu sangat fatal. Karena administrasi itu seperti jantung sebuah lembaga. Kalau dia salah, bisa salah semua,” tutur Eduart dengan raut wajah tegas.

Oleh karena itu, ia mengakui, UNG sebagai perguruan tinggi merasa terpanggil untuk memberikan edukasi terkait Tata Kelola Desa yang baik, agar ke depannya hal – hal fatal seperti kesalahan administratif itu bisa diminimalisir.

“UNG sebagai perguruan tinggi yang notabenenya punya kewajiban untuk terus melakukan kegiatan – kegiatan yang mengedukasi, sudah seyogianya merasa terpanggil untuk hal ini. Karena itulah kami menggelar FGD hari ini,” terang Eduart.

Ia pun berharap apa yang dibahas dalam FGD tersebut bisa benar – benar dipahami dan diaplikasikan oleh para kepala desa di desanya masing – masing. “Jangan ini hanya dilupakan begitu saja. Pokoknya saat kembali ke desa masing – masing, harus langsung diaplikasikan,” tukasnya mantap.

“Sehingga apa yang selama ini menjadi wacana umum mengenai banyaknya “desa gagal”, UNG memastikan hal itu tidak akan terjadi di Gorontalo. Kami akan membantu Pemerintah Daerah dalam memaksimalkan pengelolaan desa," tutup Eduart Wolok.

Agenda

23 Januari 2024

Lokakarya Penyusunan Rencana Kerja Program dan Anggaran UNG Tahun 2024

.

16 Januari 2024

Seminar Pembukaan Seleksi Beasiswa LPDP

Seleksi Beasiswa LPDP Tahap I Tahun 2024, pukul 10.00 WITA di lantai 4 rektorat UNG

11 Januari 2024

Sosialisasi dan Promosi Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru

Sosialisasi dan Promosi SNPMB 2024 Perguruan Tinggi Negeri tahun 2024 UNG

9 Januari 2024

Penandatanganan MoU antara UNG dengan Komisi Pemilihan Umum dan Badan Pengawas Pemilu

MOU MBKM PEMILU untuk Pendidikan Politik dan Pengawasan Partisipatif

Established
In

1993

as STKIP N. Gorontalo

Student
body

22350

from 27 province

Number of
Lecturers

894

from 85 majors

University
rank

13

at BLU Category

Keseluruhan

0

Hari Ini

0

Kemarin

0