Akreditasi Program Studi Catatkan Hasil Memuaskan, Ini Upaya yang Dilakukan UNG

Oleh: Abdul Wahid Rauf . 22 Desember 2016 . 14:23:00

 

GORONTALO - Pencapaian berbagai akreditasi Program Studi (Prodi) yang bernaung di Universitas Negeri Gorontalo untuk tahun 2016 sungguh sangat memuaskan. Sebanyak 6 Prodi dari berbagai Fakultas mampu mencatatkan akreditasi A, sementara lainnya juga sukses mencatatkan akreditasi B dengan sebagi besar berpredikat B "gemuk".

Capaian tersebut tentunya tidak lepas dari upaya serta kerja keras yang ditunjukkan civitas akademika UNG khususnya ditingkat Fakultas hingga Prodi, yang terus mengawal proses akreditasi dengan sungguh-sungguh dan penuh keseriusan.

Namun dibalik itu semua, salah satu aktor penting kesuksesan akreditasi Prodi di UNG juga tidak lepas dari kontribusi maksimal yang ditunjukkan oleh Badan Percepatan Peningkatan Akreditasi (BPPA).

BPPA sendiri merupakan sebuah Badan yang terbentuk diluar Organisasi Tata Kerja UNG ditahun 2016. Lembaga tersebut dibentuk karena menurut Rektor UNG Prof. Syamsu Qamar Badu, M.Pd, dalam menyukseskan program akselarasi dibutuhkan lembaga khusus yang benar-benar fokus menangani permasalahan akreditasi.

Sejak dibentuk di awal tahun 2016, lembaga yang dinahkodai Dr. Nawir Sune, M.Si, langsung tancap gas dalam menyukseskan program akselarasi dibidang akreditasi. Diantaranya dengan gencar melakukan pelatihan dan pendampingan dalam penyusunan Borang setiap Prodi di UNG. Mereview hasil Borang akreditasi dengan melibatkan assesor internal lembaga maupun eksternal lembaga.

Begitu pentingnya kehadiran BPPA, membuat Rektor tidak segan untuk memuji eksistensi lembaga tersebut, yang selama satu tahun terakhir terus mencurahkan fokus dan perhatiannya hanya untuk menggenjot proses akreditasi. "Tentunya dibalik upaya civitas akademika Fakultas hingga Prodi, kita tidak boleh melupakan kontribusi besar dari BPPA. Yang tidak kenal lelah dalam membatu setiap Prodi dalam mewujudkan target akreditasinya," ungkap Rektor.

Meskipun capaian akreditasi tahun ini sangat memuaskan, Rektor meminta kepada BPPA dan seluruh civitas akademika untuk tidak berpuasa diri. Kedepan Rektor mengharapkan kualitas setiap Prodi dapat ditingkatkan lagi sebagai bentuk Penjaminan mutu dan kualitas kepada masyarakat. (wahid)

Agenda

23 Januari 2024

Lokakarya Penyusunan Rencana Kerja Program dan Anggaran UNG Tahun 2024

.

16 Januari 2024

Seminar Pembukaan Seleksi Beasiswa LPDP

Seleksi Beasiswa LPDP Tahap I Tahun 2024, pukul 10.00 WITA di lantai 4 rektorat UNG

11 Januari 2024

Sosialisasi dan Promosi Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru

Sosialisasi dan Promosi SNPMB 2024 Perguruan Tinggi Negeri tahun 2024 UNG

9 Januari 2024

Penandatanganan MoU antara UNG dengan Komisi Pemilihan Umum dan Badan Pengawas Pemilu

MOU MBKM PEMILU untuk Pendidikan Politik dan Pengawasan Partisipatif

Established
In

1993

as STKIP N. Gorontalo

Student
body

22350

from 27 province

Number of
Lecturers

894

from 85 majors

University
rank

13

at BLU Category

Keseluruhan

0

Hari Ini

0

Kemarin

0