Akreditasi Program Studi Catatkan Hasil Memuaskan, Ini Upaya yang Dilakukan UNG

Oleh: Abdul Wahid Rauf . 22 Desember 2016 . 14:23:00

 

GORONTALO - Pencapaian berbagai akreditasi Program Studi (Prodi) yang bernaung di Universitas Negeri Gorontalo untuk tahun 2016 sungguh sangat memuaskan. Sebanyak 6 Prodi dari berbagai Fakultas mampu mencatatkan akreditasi A, sementara lainnya juga sukses mencatatkan akreditasi B dengan sebagi besar berpredikat B "gemuk".

Capaian tersebut tentunya tidak lepas dari upaya serta kerja keras yang ditunjukkan civitas akademika UNG khususnya ditingkat Fakultas hingga Prodi, yang terus mengawal proses akreditasi dengan sungguh-sungguh dan penuh keseriusan.

Namun dibalik itu semua, salah satu aktor penting kesuksesan akreditasi Prodi di UNG juga tidak lepas dari kontribusi maksimal yang ditunjukkan oleh Badan Percepatan Peningkatan Akreditasi (BPPA).

BPPA sendiri merupakan sebuah Badan yang terbentuk diluar Organisasi Tata Kerja UNG ditahun 2016. Lembaga tersebut dibentuk karena menurut Rektor UNG Prof. Syamsu Qamar Badu, M.Pd, dalam menyukseskan program akselarasi dibutuhkan lembaga khusus yang benar-benar fokus menangani permasalahan akreditasi.

Sejak dibentuk di awal tahun 2016, lembaga yang dinahkodai Dr. Nawir Sune, M.Si, langsung tancap gas dalam menyukseskan program akselarasi dibidang akreditasi. Diantaranya dengan gencar melakukan pelatihan dan pendampingan dalam penyusunan Borang setiap Prodi di UNG. Mereview hasil Borang akreditasi dengan melibatkan assesor internal lembaga maupun eksternal lembaga.

Begitu pentingnya kehadiran BPPA, membuat Rektor tidak segan untuk memuji eksistensi lembaga tersebut, yang selama satu tahun terakhir terus mencurahkan fokus dan perhatiannya hanya untuk menggenjot proses akreditasi. "Tentunya dibalik upaya civitas akademika Fakultas hingga Prodi, kita tidak boleh melupakan kontribusi besar dari BPPA. Yang tidak kenal lelah dalam membatu setiap Prodi dalam mewujudkan target akreditasinya," ungkap Rektor.

Meskipun capaian akreditasi tahun ini sangat memuaskan, Rektor meminta kepada BPPA dan seluruh civitas akademika untuk tidak berpuasa diri. Kedepan Rektor mengharapkan kualitas setiap Prodi dapat ditingkatkan lagi sebagai bentuk Penjaminan mutu dan kualitas kepada masyarakat. (wahid)

Agenda

2 Mei 2020

Webinar Hardiknas 2020

Seminar Online dalam rangka Hari Pendidikan Nasional dengan Narasumber, Dr. Eduart Wolok, ST, MT, Karmila Machmud, MA, Ph.D, Drs. Amin Nusi, M.Pd. Disiarkan langsung dari Fanspage Facebook Universitas Negeri Gorontalo

2 Desember 2019

Job Fair Media Group

Dalam Job Fair kali ini, perusahaan Media Grup akan membuka rekrutmen tenaga kerja untuk seluruh kelompok usaha yang bernaung dibawahnya, mulai dari perusahaan media cetak, percetakan, penyiaran, Daring, Properti, Event Organizer, Sumber Daya Alam dan beberapa kelompok usaha lainnya.

2 Desember 2019

Kuliah Umum 4 Pilar Kebangsaan dan Kepemimpinan 2030

Kuliah Umum oleh Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat (Rerie) yang akan membahas empat pilar kebangsaan dan kepemimpinan 2030 di Gedung Auditorium Universitas Negeri Gorontalo

26 September - 01 Oktober 2018

Hibah eLearning IDB7in1

PIU IDB7in1 UNG memberikan kesempatan untuk dosen yang berminat untuk menyusun modul eLearning langsung pada situs elearning IDB7in1. Untuk user bisa menghubungi email : elearningidb7in1@ung.ac.id
Info lengkap di http://elearning-idb7in1.ung.ac.id/mod/forum/discuss.php?d=61