Akreditasi Ilmu Komunikasi Catatkan Nilai B

Oleh: Abdul Wahid Rauf . 28 Desember 2016 . 12:17:00

Prof. Mahludin: Saya Sempat Was-was Dengan Persiapan Ilmu Komunikasi 

 

 

GORONTALO - Pada program percepatan akreditasi ditahun 2016, seluruh Prodi berlomba-lomba mewujudkan akreditasi terbaik. Diantara sekian banyak Prodi yang melakukan agenda Reakreditasi, Prodi Ilmu Komunikasi menjadi salah satu Prodi yang mampu mencatatkan hasil akreditasi sesuai target yakni B.

Namun dibalik kesuksesan Prodi Ilmu Komunikasi tersebut, terselip kisah menarik yang terjadi disela-sela persiapan menyambut visitasi yang dilakukan BAN-PT. Cerita menarik tersebut di ungkapkan oleh Wakil Rektor Bidang Akademik Prof. Dr. Ir. Mahludin Baruwadi, MP, saat mengawal persiapan Prodi dalam menyiapkan data pendukung untuk 7 standar borang akreditasi Ilmu Komunikasi.

Menurut Prof. Mahludin, dari sekian banyak proses persiapan akreditasi sejumlah Prodi, persiapan yang dilakukan Ilmu komunikasi sempat membuatnya stres. Ini karena meninjau langsung kondisi persiapan berkas pendukung diawal persiapan akreditasi, data yang disiapkan Prodi Ilmu Komunikasi tidak sebanyak dengan persiapan yang dilakukan oleh Prodi lainnya.

"Diawal-awal persiapan akreditasi saya sempat was-was karena berkas pendukung yang disiapkan oleh Prodi Ilmu Komunikasi hanya disimpan pada satu lemari saja. Sedangkan Prodi lainnya bahkan menyiapkan data pendukung yang mencapai lima lemari," jelas Prof. Mahludin.

Karena perasaan was-was akan persiapan tersebut, Prof. Mahludin bahkan berusaha meyakinkan diri dengan berdiskusi langsung dengan Pimpinan Fakultas dan Jurusan terkait kesiapan yang telah dilakukan menyambut visitasi assesor. Akan tetapi pimpinan Fakultas dan Prodi memiliki keyakinan bahwa Ilmu Komunikasi sudah sangat siap menyambut visitasi.

"Rektor bahkan sempat menanyakan kesiapan Prodi Ilmu Komunikasi. Namun karena perasaan was-was tersebut saya hanya menjawab bahwa Insya Allah Ilmu Komunikasi siap di visitasi, karena memang data yang disiapkan hanya satu lemari saja," terang Prof. Mahludin.

Meski demikian, ketika Proses Visitasi dilakukan assesor BAN-PT, keraguan yang sempat terbesit sirna seketika. Menurut tim assesor dokumen yang disiapkan sudah cukup lengkap dengan diberikan penilaian akreditasi B.

"Tapi Alhamdulillah segala persiapan matang yang telah dilakukan dianugerahi akreditasi B oleh BAN-PT. Karena memang mereka menilai prodi Ilmu Komunikasi memang layak untuk akreditasi tersebut," ujarnya.

Lebih lanjut dijaskan Prof. Mahludin menurut tim assesor BAN-PT, Prodi ilmu Komunikasi dengan kualitasnya saat ini seyogyanya layak untuk memperoleh akreditasi A. Namun ada beberapa kekurangan yang belum dimiliki oleh Ilmu Komunikasi yakni belum adanya Guru Besar dan Doktor yang bernaung pada Prodi tersebut.

"Kreatifitas yang dimiliki ilmu komunikasi diakui para Assesor sangat luar biasa. Tinggal kedepannya, kita hanya perlu melengkapi kekurangan yang dibutuhkan agar akreditasi A dapat dipenuhi," tandas Prof. Mahludin. (Wahid)

Agenda

2 Mei 2020

Webinar Hardiknas 2020

Seminar Online dalam rangka Hari Pendidikan Nasional dengan Narasumber, Dr. Eduart Wolok, ST, MT, Karmila Machmud, MA, Ph.D, Drs. Amin Nusi, M.Pd. Disiarkan langsung dari Fanspage Facebook Universitas Negeri Gorontalo

2 Desember 2019

Job Fair Media Group

Dalam Job Fair kali ini, perusahaan Media Grup akan membuka rekrutmen tenaga kerja untuk seluruh kelompok usaha yang bernaung dibawahnya, mulai dari perusahaan media cetak, percetakan, penyiaran, Daring, Properti, Event Organizer, Sumber Daya Alam dan beberapa kelompok usaha lainnya.

2 Desember 2019

Kuliah Umum 4 Pilar Kebangsaan dan Kepemimpinan 2030

Kuliah Umum oleh Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat (Rerie) yang akan membahas empat pilar kebangsaan dan kepemimpinan 2030 di Gedung Auditorium Universitas Negeri Gorontalo

26 September - 01 Oktober 2018

Hibah eLearning IDB7in1

PIU IDB7in1 UNG memberikan kesempatan untuk dosen yang berminat untuk menyusun modul eLearning langsung pada situs elearning IDB7in1. Untuk user bisa menghubungi email : elearningidb7in1@ung.ac.id
Info lengkap di http://elearning-idb7in1.ung.ac.id/mod/forum/discuss.php?d=61