499 Guru Ikut Pendidikan dan Latihan Guru Profesional

Oleh: Abdul Wahid Rauf . 31 Oktober 2016 . 11:04:17

GORONTALO - Sebanyak 499 Guru akan mengikuti Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG) tahun 2016 pada sub rayon 32 Universitas Negeri Gorontalo. Para guru tersebut merupakan guru Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), maupun Sekolah Menengah Akhir (SMA) pengampuh sejumlah mata pelajaran disekolah, yang akan mengikuti tahapan menuju guru profesional yang tersertifikasi.

Direktur Pendidikan Profesi Guru (PPG) UNG Dr. Yusna Ahmad, S.Pd, M.Si, menuturkan, PLPG yang dilaksanakan tahun ini oleh UNG tidak hanya diikuti oleh Guru Sekolah yang tersebar di Prov. Gorontalo saja. Namun juga beberapa guru dari 12 Kabupaten/Kota di Prov. Sulawesi Utara (Sulut). Untuk rangkaian pendidikan dan latihan kata Yusna akan dibagi dalam 2 tahap, dimana untuk tahap pertama akan diikuti oleh 262 guru dan tahap selanjutnya 237 guru.

"Untuk tahun ini standar penilaian berupa passing grade juga mengalami peningkatan, dengan wajib meraih nilai minimal 80 agar bisa lulus sertifikasi," ungkap Yusna.

Dalam pelaksanaannya kata Yusna, PLPG dilakukan untuk meningkatkan kompetensi dan profesionalisme guru, hingga dapat memantapkan penguasaan dan kemampuan guru dalam mengimplementasikan kurikulum 2013, serta sebagai penentu kelulusan sertifikasi.

"PLPG diharapkan dapat menghasilkan guru profesional dan memiliki kompetensi pedagogik. Dengan memiliki kompetensi profesional, sosial, dan kepribadian yang tinggi. Sehingga mendapatkan sertifikat pendidik sesuai mata pelajaran," ujarnya.

Sementara itu Rektor UNG Prof. Dr. Syamsu Qamar Badu, M.Pd, meminta kepada seluruh guru peserta PLPG untuk dapat mengikuti seluruh rangkaian pelatihan, hingga tahapan ujian dengan penuh keseriusan. Karena setiap tahunnya standar passing grade untuk kelulusan sertifikasi semakin sulit, dengan terus mengalami peningkatan standar penilaian.

"Meski terus mengalami peningkatan standar penilaian, para guru tidak boleh pesimis untuk lulus sertifikasi melainkan harus berusaha lebih keras lagi. Karena saya yakin kualitas para guru saat ini sudah sangat baik, tinggal perlu didorong oleh usaha yang lebih giat lagi," Tutur Rektor.

Peserta PLPG sub rayon 32 UNG akan diikuti 499 guru yang terdiri dari 9 bidang studi sertifikasi. Yakni Guru kelas TK/PAUD, Guru kelas SD, IPA, IPS, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, Ekonomi, dan Penjas. (wahid)

Agenda

2 Mei 2020

Webinar Hardiknas 2020

Seminar Online dalam rangka Hari Pendidikan Nasional dengan Narasumber, Dr. Eduart Wolok, ST, MT, Karmila Machmud, MA, Ph.D, Drs. Amin Nusi, M.Pd. Disiarkan langsung dari Fanspage Facebook Universitas Negeri Gorontalo

2 Desember 2019

Job Fair Media Group

Dalam Job Fair kali ini, perusahaan Media Grup akan membuka rekrutmen tenaga kerja untuk seluruh kelompok usaha yang bernaung dibawahnya, mulai dari perusahaan media cetak, percetakan, penyiaran, Daring, Properti, Event Organizer, Sumber Daya Alam dan beberapa kelompok usaha lainnya.

2 Desember 2019

Kuliah Umum 4 Pilar Kebangsaan dan Kepemimpinan 2030

Kuliah Umum oleh Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat (Rerie) yang akan membahas empat pilar kebangsaan dan kepemimpinan 2030 di Gedung Auditorium Universitas Negeri Gorontalo

26 September - 01 Oktober 2018

Hibah eLearning IDB7in1

PIU IDB7in1 UNG memberikan kesempatan untuk dosen yang berminat untuk menyusun modul eLearning langsung pada situs elearning IDB7in1. Untuk user bisa menghubungi email : elearningidb7in1@ung.ac.id
Info lengkap di http://elearning-idb7in1.ung.ac.id/mod/forum/discuss.php?d=61