4 Prodi FMIPA Seminarkan Hasil Pengembangan Kurikulum

Oleh: Abdul Wahid Rauf . 5 Desember 2016 . 11:52:00

 

GORONTALO - Setelah sebelumnya telah beberapa kali melakukan pengembangan kurikulum pembelajaran. 4 Program Studi (Prodi) Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) yakni Prodi Pendidikan Biologi, Pendidikan Kimia, Pendidikan Geografi dan Pendidikan Fisika, memaparkan hasil kurikulum yang telah disusun. Pemaparan dilakukan melalui Seminar Kurikulum FMIPA, Sabtu (4/12) di Aula TC Damhil.

Ke empat Prodi tersebut merupakan Prodi yang sebelumnya memperoleh dana hibah dari Ditjen Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa) Kemristekdikti dalam revitalisasi kurikulum. Dimana nantinya produk kurikulum yang dihasilkan oleh keempat Prodi yang telah terakreditasi A, dapat menjadi model pengembangan kurikulum ditingkat nasional khususnya dilingkungan UNG.

"Revitalisasi kurikulum turut melibatkan sejumlah pihak khususnya para guru sekolah. Karena memang lulusan yang dihasilkan keempat Prodi merupakan tenaga pendidik disekolah," terang Prof. Evi.

Selain untuk peningkatan kualitas pendidikan, revitalisasi kata Prof. Evi guna penyesuaian dengan kurikulum dari perguruan tinggi lain. Ini karena setiap melakukan program pertukaran mahasiswa, seluruh Perguruan Tinggi kerap mengalami kendala akibat perbedaan kurikulum antar program studi.

"Beberapa tahun terakhir FMIPA bersama Perguruan Tinggi LPTK lainnya, terus melakukan penyamaan persepsi tentang kurikulum. Sehingga kedepan kurikulum antar Fakultas MIPA akan sama dan yang membedakan hanya penciri masing-masing Fakultas dan PT," jelasnya.

Sementara itu Rektor UNG Prof. Dr. Syamsu Qamar Badu, M.Pd, mengharapkan kurikulum yang dihasilkan oleh 4 Prodi FMIPA, dapat sesuai selaras dengan Prodi pada Perguruan Tinggi LPTK lainnya. Dan salah satu hal terpenting menurutnya, kurikulum dapat memenuhi kebutuhan dari masyarakat dan Stakeholder sebagai pengguna lulusan keempat Prodi unggulan UNG tersebut.

"Kurikulum adalah pedoman bagi lembaga pendidikan. Jika mampu disusun baik dan diimplementasikan dengan baik, dapat menghasilkan lulusan tidak hanya baik namun juga Berkualitas yang sesuai dengan kebutuhan pengguna lulusan," terang Rektor. (wahid)

Agenda

2 Mei 2020

Webinar Hardiknas 2020

Seminar Online dalam rangka Hari Pendidikan Nasional dengan Narasumber, Dr. Eduart Wolok, ST, MT, Karmila Machmud, MA, Ph.D, Drs. Amin Nusi, M.Pd. Disiarkan langsung dari Fanspage Facebook Universitas Negeri Gorontalo

2 Desember 2019

Job Fair Media Group

Dalam Job Fair kali ini, perusahaan Media Grup akan membuka rekrutmen tenaga kerja untuk seluruh kelompok usaha yang bernaung dibawahnya, mulai dari perusahaan media cetak, percetakan, penyiaran, Daring, Properti, Event Organizer, Sumber Daya Alam dan beberapa kelompok usaha lainnya.

2 Desember 2019

Kuliah Umum 4 Pilar Kebangsaan dan Kepemimpinan 2030

Kuliah Umum oleh Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat (Rerie) yang akan membahas empat pilar kebangsaan dan kepemimpinan 2030 di Gedung Auditorium Universitas Negeri Gorontalo

26 September - 01 Oktober 2018

Hibah eLearning IDB7in1

PIU IDB7in1 UNG memberikan kesempatan untuk dosen yang berminat untuk menyusun modul eLearning langsung pada situs elearning IDB7in1. Untuk user bisa menghubungi email : elearningidb7in1@ung.ac.id
Info lengkap di http://elearning-idb7in1.ung.ac.id/mod/forum/discuss.php?d=61