4 Kategori Pemberian Dispensasi Biaya Pendidikan Bagi Mahasiswa UNG

Oleh: Abdul Wahid Rauf . 22 Juni 2020 . 01:02:00

 

 

GORONTALO - Menanggapi maraknya tuntutan Mahasiswa mengenai pembayaran uang kuliah tunggal (UKT) di lingkungan Universitas Negeri Gorontalo (UNG) dimasa Pandemi Covid-19, pihak UNG sudah mengeluarkan edaran Tentang Pemberian Dispensasi Pembayaran UKT/SPP semester ganjil tahun akademik 2020/2021 pada masa pandemi Covid-19 UNG.

Menurut Wakil Rektor Bidang Akademik Harto Malik, M.Hum, bahwa Pemberian dispensasi biaya UKT/SPP semester ganjil itu di kategorisasikan kedalam 4 kategori.

Pertama, penurunan/pengurangan UKT/SPP karena dampak pandemi Covid-19 bagi semua kelompok/kategori UKT/SPP. Adapun yang masuk dikelompok ini bagi mahasiswa yang Orang tuanya atau penanggung jawab biaya kuliahnya meninggal akibat dampal dari Pandemi Covid-19 dan usaha orang tua atau penanggung jawab biaya kuliah mengalami penurunan atau bangkrut akibat covid-19.

Kedua, pembebasan sementara karena dampak pandemi Covid-19 bagi kelompok 1 dan 2 UKT. Hal itu dikuatkan dengan alasan yang rasional terkait tingkat kemampuan ekonomi terganggu akibat covid-19 ini.

Ketiga,  potongan biaya pendidikan UKT/SPP semester ganjil tahun akademik 2020/2021 bagi mahasiswa yang dalam proses penyusunan tugas akhir, skripsi, tesis, dan disertasi. Hal itu dikarenakan pada saat penyusunan tugas akhir terdapat kendala lapangan karena Covid-19.

Keempat, Pembayaran angsuran karena terdampak pandemi Covid-19 untuk semua kelompol UKT/SPP. dikarenakan jika sampai batas waktu ditentukan pembayaran, belum juga dilunasi karena terdampak Pandemi Covid-19.

Penetapan penyesuaian UKT/SPP sebagaimana disampaikan diatas, didasarkan pada permohonan mahasiswa, dilengkapi dengan dokumen pendukung dan diverifikasi oleh tim bagian akademik.

“Bahwa sebenarnya apa yang menjadi tuntutan dari mahasiswa UNG sudah diakomodir dalam Surat Edaran Rektor," ujar Harto.

Ia pun menambahkan pengkategorian Pemberian dispensasi penbayaran UKT/SPP semester ganjil disesuaikan dengan kondisi bagi para mahasiswa yang terdampak Pandemi Covid-19.

Bagi mahasiswa yang akhir studi mendapat potongan sesuai dengan proses penyelesaian tugas akhir. Misalnya, bagi mahasiswa yang sudah menyelesaikan ujian Proposal mendapat potongan 30%, bagi mahasiswa yang selesai mengolah data potongannya 40%, dan bagi mahasiswa yang sudah selesai bimbingan dan sedang menunggu jadwal ujian komprehensif hingga batas waktu tanggal 31 Juli itu mendapat potongan 100%.

Agenda

2 Mei 2020

Webinar Hardiknas 2020

Seminar Online dalam rangka Hari Pendidikan Nasional dengan Narasumber, Dr. Eduart Wolok, ST, MT, Karmila Machmud, MA, Ph.D, Drs. Amin Nusi, M.Pd. Disiarkan langsung dari Fanspage Facebook Universitas Negeri Gorontalo

2 Desember 2019

Job Fair Media Group

Dalam Job Fair kali ini, perusahaan Media Grup akan membuka rekrutmen tenaga kerja untuk seluruh kelompok usaha yang bernaung dibawahnya, mulai dari perusahaan media cetak, percetakan, penyiaran, Daring, Properti, Event Organizer, Sumber Daya Alam dan beberapa kelompok usaha lainnya.

2 Desember 2019

Kuliah Umum 4 Pilar Kebangsaan dan Kepemimpinan 2030

Kuliah Umum oleh Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat (Rerie) yang akan membahas empat pilar kebangsaan dan kepemimpinan 2030 di Gedung Auditorium Universitas Negeri Gorontalo

26 September - 01 Oktober 2018

Hibah eLearning IDB7in1

PIU IDB7in1 UNG memberikan kesempatan untuk dosen yang berminat untuk menyusun modul eLearning langsung pada situs elearning IDB7in1. Untuk user bisa menghubungi email : elearningidb7in1@ung.ac.id
Info lengkap di http://elearning-idb7in1.ung.ac.id/mod/forum/discuss.php?d=61