3 Modal Utama UNG Untuk Mendukung Terwujudnya Akreditasi Terbaik

Oleh: Abdul Wahid Rauf . 16 Februari 2018 . 19:27:05

 

GORONTALO – Bagi sebuah Perguruan Tinggi akreditasi institusi menjadi salah satu target untuk dicapai sebagai bukti dari kualitas yang berhasil dicapai. Untuk itu seluruh Perguruan Tinggi di Indonesia baik itu berstatus negeri maupun swasta berlomba-lomba, untuk mengukuhkan diri sebagai Pergutuan Tinggi berkualitas dengan catatan akreditasi A. Sama seperti Perguruan Tinggi lainnya, Universitas Negeri Gorontalo sebagai kampus yang berkembang tengah mempersiapkan diri untuk meningkatkan statusnya menuju akreditasi A.

Dalam mewujudkan akreditasi terbaik menuju ke A tersebut, UNG dalam beberapa tahun terakhir terus melakukan berbagai pencapaian dan akselarasi sebagai modal berharga dalam melakukan reakreditasi institusi. Salah satunya melakukan perbaikan akreditasi ditingkat Program Studi (Prodi), dengan seluruh Prodi di UNG mampu memperoleh akreditasi terbaik yakni A dan mengharamkan akreditasi C di UNG.

“Dalam waktu 2 tahun terakhir akreditasi Prodi kita lakukan perbaikan. Alhamdulillah hasilnya sangat memuaskan dengan 8 Prodi terakreditasi A dan 53 Prodi lain termasuk Pascasarjana telah terakreditasi B tanpa ada lagi akreditasi C,” ungkap Rektor saat melakukan presentasi dihadapan tim asesor BAN-PT, Kamis (15/2).

Selain pencapaian signifikan dibidang akreditasi Prodi, modal berharga lain untuk menyambut akreditasi institusi dengan menggenjot kinerja penelitian baik itu dari segi kualitas dan kuantitas. Diantaranya dengan memprogramkan tahun penelitian pada 2015 dan tahun implementasi penelitian pada 2016.

“Baiknya kinerja penelitian menempatkan UNG pada peringkat 33 Nasional dari 1.477 Perguruan Tinggi se Indonesia untuk kinerja penelitian Pergururan Tinggi 2013-2015 yang dirilis Kemenristekdikti melalui website Sistem Informasi Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (Simlibtabmas) pada Agustus 2016,” papar Rektor.

Pencapaian prestasi mahasiswa kata Rektor juga tidak luput dari fokus pengembangan UNG dalam menyambut akreditasi. Satu persatu mahasiswa didorong untuk mengukir prestasi diberbagai bidang, baik itu kegiatan akademik maupun non akademik.

“Prestasi mahasiswa juga mengalami perkembangan yang positif, baik itu ditingkat nasional maupun internasional berhasil dipersembahkan oleh mahasiswa terbaik. Dan dengan berbagai modal berharga tersebut UNG akan siap mewujudkan akreditasi terbaik,” pungkasnya. (wahid)

Agenda

2 Mei 2020

Webinar Hardiknas 2020

Seminar Online dalam rangka Hari Pendidikan Nasional dengan Narasumber, Dr. Eduart Wolok, ST, MT, Karmila Machmud, MA, Ph.D, Drs. Amin Nusi, M.Pd. Disiarkan langsung dari Fanspage Facebook Universitas Negeri Gorontalo

2 Desember 2019

Job Fair Media Group

Dalam Job Fair kali ini, perusahaan Media Grup akan membuka rekrutmen tenaga kerja untuk seluruh kelompok usaha yang bernaung dibawahnya, mulai dari perusahaan media cetak, percetakan, penyiaran, Daring, Properti, Event Organizer, Sumber Daya Alam dan beberapa kelompok usaha lainnya.

2 Desember 2019

Kuliah Umum 4 Pilar Kebangsaan dan Kepemimpinan 2030

Kuliah Umum oleh Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat (Rerie) yang akan membahas empat pilar kebangsaan dan kepemimpinan 2030 di Gedung Auditorium Universitas Negeri Gorontalo

26 September - 01 Oktober 2018

Hibah eLearning IDB7in1

PIU IDB7in1 UNG memberikan kesempatan untuk dosen yang berminat untuk menyusun modul eLearning langsung pada situs elearning IDB7in1. Untuk user bisa menghubungi email : elearningidb7in1@ung.ac.id
Info lengkap di http://elearning-idb7in1.ung.ac.id/mod/forum/discuss.php?d=61