3 Modal Utama UNG Untuk Mendukung Terwujudnya Akreditasi Terbaik

Oleh: Abdul Wahid Rauf . 16 Februari 2018 . 19:27:05

 

GORONTALO – Bagi sebuah Perguruan Tinggi akreditasi institusi menjadi salah satu target untuk dicapai sebagai bukti dari kualitas yang berhasil dicapai. Untuk itu seluruh Perguruan Tinggi di Indonesia baik itu berstatus negeri maupun swasta berlomba-lomba, untuk mengukuhkan diri sebagai Pergutuan Tinggi berkualitas dengan catatan akreditasi A. Sama seperti Perguruan Tinggi lainnya, Universitas Negeri Gorontalo sebagai kampus yang berkembang tengah mempersiapkan diri untuk meningkatkan statusnya menuju akreditasi A.

Dalam mewujudkan akreditasi terbaik menuju ke A tersebut, UNG dalam beberapa tahun terakhir terus melakukan berbagai pencapaian dan akselarasi sebagai modal berharga dalam melakukan reakreditasi institusi. Salah satunya melakukan perbaikan akreditasi ditingkat Program Studi (Prodi), dengan seluruh Prodi di UNG mampu memperoleh akreditasi terbaik yakni A dan mengharamkan akreditasi C di UNG.

“Dalam waktu 2 tahun terakhir akreditasi Prodi kita lakukan perbaikan. Alhamdulillah hasilnya sangat memuaskan dengan 8 Prodi terakreditasi A dan 53 Prodi lain termasuk Pascasarjana telah terakreditasi B tanpa ada lagi akreditasi C,” ungkap Rektor saat melakukan presentasi dihadapan tim asesor BAN-PT, Kamis (15/2).

Selain pencapaian signifikan dibidang akreditasi Prodi, modal berharga lain untuk menyambut akreditasi institusi dengan menggenjot kinerja penelitian baik itu dari segi kualitas dan kuantitas. Diantaranya dengan memprogramkan tahun penelitian pada 2015 dan tahun implementasi penelitian pada 2016.

“Baiknya kinerja penelitian menempatkan UNG pada peringkat 33 Nasional dari 1.477 Perguruan Tinggi se Indonesia untuk kinerja penelitian Pergururan Tinggi 2013-2015 yang dirilis Kemenristekdikti melalui website Sistem Informasi Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (Simlibtabmas) pada Agustus 2016,” papar Rektor.

Pencapaian prestasi mahasiswa kata Rektor juga tidak luput dari fokus pengembangan UNG dalam menyambut akreditasi. Satu persatu mahasiswa didorong untuk mengukir prestasi diberbagai bidang, baik itu kegiatan akademik maupun non akademik.

“Prestasi mahasiswa juga mengalami perkembangan yang positif, baik itu ditingkat nasional maupun internasional berhasil dipersembahkan oleh mahasiswa terbaik. Dan dengan berbagai modal berharga tersebut UNG akan siap mewujudkan akreditasi terbaik,” pungkasnya. (wahid)

Agenda

23 Januari 2024

Lokakarya Penyusunan Rencana Kerja Program dan Anggaran UNG Tahun 2024

.

16 Januari 2024

Seminar Pembukaan Seleksi Beasiswa LPDP

Seleksi Beasiswa LPDP Tahap I Tahun 2024, pukul 10.00 WITA di lantai 4 rektorat UNG

11 Januari 2024

Sosialisasi dan Promosi Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru

Sosialisasi dan Promosi SNPMB 2024 Perguruan Tinggi Negeri tahun 2024 UNG

9 Januari 2024

Penandatanganan MoU antara UNG dengan Komisi Pemilihan Umum dan Badan Pengawas Pemilu

MOU MBKM PEMILU untuk Pendidikan Politik dan Pengawasan Partisipatif

Established
In

1993

as STKIP N. Gorontalo

Student
body

22350

from 27 province

Number of
Lecturers

894

from 85 majors

University
rank

13

at BLU Category

Keseluruhan

0

Hari Ini

0

Kemarin

0